Kominfo Bakal Latih 2.500 UMKM di Banten Agar Tetap Cuan di Tengah Pandemi

13
Dok/Ekbisbanten.com

SERANG, EKBISBANTEN.COM – Kementrian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) berencana memberikan pelatihan bagi 2.500 UMKM di Provinsi Banten agar lebih cuan di era pandemi Covid-19.

Adapun fasilitasi yang diberikan berupa program pendampingan peningkatan kapasitas teknologi digital dan manajemen serta fasilitasi UMKM menuju active selling 2021.

PIC Kominfo Wilayah Banten Wulan Retnowati mengatakan, hingga 26 Juli 2021 jumlah pendaftar pelatihan tersebut sudah mencapai 650 UMKM.

“Kalau misalkan melebihi batas, kita sudah sediakan kuota tambahan sebanyak 250. Untuk periode pendaftaran akan ditutup hingga akhir Juli 2021 dan bulan Agustus sudah melakukan pendampingan selama enam bulan,” kata Wulan kepada Ekbisbanten.com, Selasa (27/7).

Lanjut Wulan, program tersebut merupakan langkah pemerintah dalam membantu UMKM yang mengalami penurunan penjualan akibat pandemi Covid-19. Dimana penjualan yang saat ini paling efektif yakni penjualan dilakukan secara online.

“Kita ingin UMKM ini tau bagaimana mereka bisa melakukan penjualan melalui kanal digital,” kata Wulan.

Dalam teknis pelaksanaan nya, Kominfo akan memberikan 5 materi berbeda selama 6 bulan pendampingan. Diantaranya bagaimana UMKM mampu mengenal pasar online, media sosial, dan mempraktekan nya secara langsung.

“Nantinya UMKM mempraktekan apa yang didapatkan dalam teori selama enam bulan, mulai dari starter kit, poin of sales sistem penjualan online dengan Jubelio. Jadi kami tidak melepasnya begitu saja,” kata Wulan.

Selain itu kata Wulan, khusus untuk Provinsi Banten Kominfo sudah bekerjasama dengan Dinas Perdagangan dan UMKM Provinsi Banten dalam penyediaan aplikasi market place yang menjangkau penjualan secara lebih luas.

“Jadi nanti kami siapkan aplikasi agregator supaya penjualan mampu dimaksimalkan untuk seluruh area Banten,” tutup Wulan. (Raden)