Sabtu, 18 Mei 2024
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Kolaborasi Huawei dan XL Axiata Hasilkan Penghargaan Bergengsi di Bidang Telekomunikasi Global

Esih Yuliasari

| 4 Maret 2024

| 19:00 WIB

XL axiata
Kolaborasi XL Axiata dan Huawei membuahkan sebuah penghargaan bergensi global. (FOTO: DOK. XL AXIATA).

EKBISBANTEN.COM – Huawei Indonesia dan sejumlah mitra lain, berhasil menjuarai ajang TeleManagement Forum (TM Forum 2024) Catalyst Awards kategori Outstanding Catalyst Contribution to TM Forum Assets Award.

Pada ajang bergengsi bagi kalangan industri telekomunikasi global yang berlangsung pada 26-29 Februari 2024 di Barcelona tersebut, kolaborasi Huawei Indonesia-XL Axiata dan para mitra meraih penghargaan melalui proyek katalis yang mengangkat tema “Intelligence and Value Driven Digital Operation Transformation for Network”.

Penghargaan ini diserahkan secara langsung oleh CTO TM Forum, W. George Glass, di ajang Mobile World Congress (MWC 24), sebagai pengakuan atas kontribusi mereka yang signifikan terhadap nilai aset TeleManagement Forum (TM Forum).

TM Forum sendiri merupakan aliansi yang terdiri atas lebih dari 800 perusahaan global yang bekerja sama untuk mendobrak hambatan teknologi dan budaya antara penyedia layanan digital, pemasok teknologi, konsultan, dan integrator sistem.

Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, menyampaikan, penerimaan penghargaan hasil kolaborasi bersama Huawei ini tentunya menjadi tonggak penting bagi XL Axiata karena menjadi bagian dari inisiatif strategis yang terus dilakukan untuk bisa meningkatkan daya saing perusahaan dengan menerapkan transformasi digital.

“Transformasi digital bagi kami sangat penting untuk membuat kami bisa beroperasi secara lebih efisien, cepat, adaptif, dan inovatif dalam menghadapi dinamika industri,” katanya.

“Dengan hal tersebut, kami juga bisa lebih memberdayakan tim kami untuk fokus pada inisiatif strategis, pemecahan masalah, dan aktivitas lainnya yang memberikan nilai tambah,” sambung I Gede Darmayusa.

Sementara itu, President of ICT Assurance and Operation Services Domain Huawei, Lu Yu menyatakan, memenangkan penghargaan TM Forum merupakan pengakuan atas kontribusi Huawei dan CSP terhadap standar industri.

Hal ini juga menunjukkan komitmen berkelanjutan Huawei dalam berinvestasi dalam transformasi operasi digital dan standardisasi industri.

“Tim Intelligent Operations Huawei akan terus mempercepat transformasi digital CSP dari operasi yang berpusat pada jaringan menjadi pendekatan yang berpusat pada layanan, sehingga membantu CSP global meningkatkan hasil bisnisnya,” ujarnya.

Adapun kolaborasi proyek katalis ini memanfaatkan beberapa teknologi seperti, Value Operations Framework (VOF), algoritma Expected Demand Not Served (EDNS), platform Intelligent Event Management (iEM), dan Digital Twin Network (DTN).

Sederet pemanfaatan teknologi ini terbukti mampu meningkatkan akurasi analisis dampak layanan dan efisiensi pada suatu sistem operasi, hingga pemeliharaan yang berujung pada lahirnya otomatisasi dalam satu proses layanan.

Selain itu, penggunaan teknologi ini juga mampu memberikan perhitungan yang akurat sekaligus menjadi alarm terhadap dampak dari terjadinya gangguan pada suatu proses.

Pengurangan kehilangan trafik nirkabel merupakan bagian penting dari solusi ini. EDNS mengukur dampak masalah jaringan pada pengguna dan layanan, serta mendukung perbaikan loop tertutup.

Ketika terjadi gangguan, algoritma EDNS secara otomatis menghitung kehilangan trafik dan jumlah pelanggan yang terkena dampak berdasarkan data multi-dimensi di area gangguan.

Editor :Rizal Fauzi

Bagikan Artikel

Scroll to Top