KKP Targetkan Ekspor Udang Vaname 250 Persen di Tahun 2024

61
Foto: Universitas Lampung

SERANG, EKBISBANTEN.COM – Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) membidik ekspor untuk udang vaname pada tahun 2024 mencapai 250 persen dengan target lahan tambak seluas 100 ribu hektar.

Direktur Jendral Perikanan Budidaya Slamet Soebjakto mengatakan, untuk merealisasikan hal tersebut saat ini KKP sedang melakukan pengembangan lahan tembak udang di Menteng Raya, Kecamatan Aceh Timur.

“Kita membuka lahan tambak seluas 5 hektar di Aceh, semoga hasil tambak bisa meningkat dari tahun selemunya dari 1 ton per hektar menjadi 10 ton perhekar,” kata Slamet melalui chaneĺ youtube Budidaya KKP, Rabu (6/1).

Dikatakan Slamet, saat ini untuk pusat penebaran benih udang (benur) sudah tersebar di 7 wilayah seluruh indonesia diantaranya, Aceh, Lampung Timur, Cianjur, Jepara, dan Situbondo.

“Selain ini, pemanfaatan tambak ini digunakan untuk mengurangi limbah dengan menanam mangrove disaluran instalasi pengolahan air limbah (ipal), serta kami juga tebar benih kepiting dan ikan kakap,” imbuhnya.

Pihaknya berharap, dengan adanya perluasan lahan tambak udang ini dapat memberikan edukasi dan motivasi kepada masyarakat di wilayah tambak.

“Kita coba 5 hektar dulu di wilayah Aceh ini semoga bisa bertambah jadi 10 hektar nantinya,” pungkas Slamet. (Raden)