Sabtu, 13 Juli 2024
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

KKM 01 STISIP BR Bina Kelompok Konseling Remaja SMK IPTEK Patia

and

| 7 Februari 2023

| 21:30 WIB

Mahasiswa KKM 01 STISIP Banten Raya berfoto bersama dengan pembina dan kelompok PIK-R usai kegiatan. (Foto: Rizal/ekbisbanten.com)

PANDEGLANG, EKBISBANTEN.COM – sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) 01 Sekolah Tinggi Sosial dan Ilmu Politik (STISIP) Banten Raya menggelar sosialisasi dan pembinaan terhadap Kelompok Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK-R) di SMK IPTEK Patia Kecamatan Patia Kabupaten Pandeglang.

Program tersebut dilakukan untuk memberikan pemahaman terkait perencanaan keluarga buat remaja.

Ketua KKM 01 STISIP Banten Raya M.Rijal Saefullah menyampaikan, keberadaan dan peranan PIK remaja di sekolah sangat penting untuk membantu remaja mendapatkan informasi terkait penyiapan kehidupan berkeluarga kelak.

“Kelompok PIK-R dibentuk tak hanya untuk pembinaan, namun juga bertujuan untuk melatih keterampilan remaja,” kata Rijal kepada wartawan, Selasa (07/02/2023).

Rijal juga mengatakan, beberapa keterampilan lain yang disampaikan dalam pembinaan kelompok PIK-R tersebut diantaranya keterampilan fisik, keterampilan mental, keterampilan emosional, keterampilan sosial, keterampilan kejujuran dan keterampilan menghadapi kesulitan.

“Apa yang kami berikan diharapkan dapat membantu remaja mampu mengenali diri sendiri, melakukan evaluasi terhadap dirinya sendiri, mengetahui kelebihan dan kekurangan dirinya, serta dapat mengukur suatu perbuatan dari segi baik atau buruknya,” harapnya.

Sementara itu, Dosen Pendamping Lapangan (DPL) KKM 01 Desa Patia, Rizal Fauzi sangat mengapresiasi dengan program-program yang dibuat oleh KKM 01. Salah satu program prioritas yakni pembinaan terhadap remaja baik melalui PIK-R atau pun langsung ke rumah-rumah.
“Dari hasil pemetaan awal, Desa Patia merupakan desa dengan angka pernikahan dini yang tinggi. Maka dari itu maka dibutuhkan pendampingan yang intens terhadap remajanya agar memiliki kesiapan baik keterampilan maupun kesiapan mental dan spiritual bagaimana nanti mereka mengarungi bahtera rumah tangga,” kata Rizal.

Editor :Rizal Fauzi

Bagikan Artikel

Terpopuler_______

Scroll to Top