Sabtu, 18 Mei 2024
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Kevolusi membaca: bangkitnya Buku Digital di Era Modern

Mahyadi Restu Gibran

| 15 Oktober 2023

| 22:43 WIB

Bangkitnya Buku Digital di Era Modern (foto: Ekbisbanten)

Meskipun popularitas buku digital terus meningkat, masih ada beberapa tantangan yang perlu diatasi, seperti kekhawatiran akan keamanan data dan masalah hak cipta. Namun, seiring dengan berkembangnya teknologi, peluang untuk meningkatkan pengalaman membaca digital juga semakin meningkat.

Penerbit dan penulis telah mengadopsi platform digital dengan cepat. Banyak penerbit besar kini merilis buku-buku terbaru mereka dalam format digital secara bersamaan dengan versi cetak.

Dengan terus berkembangnya kecerdasan buatan dan teknologi terkait, masa depan literasi digital terlihat semakin cerah. Penggabungan teknologi seperti augmented reality (AR) dan virtual reality (VR) mungkin membawa dimensi baru dalam membaca digital.

Buku digital telah merubah cara kita berinteraksi dengan kata-kata dan cerita. Meskipun

perjalanan ini masih terus berkembang, satu hal pasti: era buku digital telah tiba, membawa kita ke dunia membaca yang lebih dinamis, terhubung, dan berkelanjutan. Dalam seminar yang digelar pada 24 Agustus 2023 di lokasi kukerta kelompok 5 Desa sumuranja, Kheryadi selaku Dosen Pembimbing Lapangan menegaskan bahwa pengembangan bahan ajar digital bukanlah sekadar mengikuti tren, tetapi sebuah kebutuhan mendesak untuk mempersiapkan generasi masa depan. Bahan ajar digital mampu membuka aksesibilitas pendidikan, meningkatkan keterlibatan siswa, dan menciptakan lingkungan belajar yang dinamis.***

Editor :Rizal Fauzi

Bagikan Artikel

Scroll to Top