Ketua PHRI Banten Minta Pemda Dukung Uji Kompetensi Pegawai Hotel dan Restoran

42
Haji Ahmad PHRI
Ketua PHRI Provinsi Banten, Ahmad Sari Alam (peci hitam) mendampingi Wali Kota Cilegon Helldy Agustian saat pemotongan pita dalam peresmian restoran Nasi Kapau Haji Ahmad pada 23 September 2021 lalu. (Foto: Maulana/ekbisbanten.com).

CILEGON, EKBISBANTEN.COM – Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Provinsi Banten Ahmad Sari Alam atau yang akrab disapa Haji Ahmad meminta Pemerintah Daerah turut mendukung dalam program uji kompetensi Pegawai Hotel dan Restoran di Banten.

Pasalnya, menurut Haji Ahmad pegawai hotel dan restoran di Banten yang berjumlah sekitar 18 ribu baru 15 persen saja yang mengikuti uji kompetensi.

“Hotel dan restoran di Provinsi Banten itu karyawannya kurang lebih 18 ribu, yang sudah diuji kompetensinya 3 ribu. Berarti masih 15 persen dan masih ada 85 persen itu harus digenjot,” katanya kepada Wartawan ekbisbanten.com, Jumat (18/2/2022).

Haji Ahmad menilai, uji kompetensi para pegawai hotel dan restoran dipandang perlu guna meningkatkan kualitas pelayanan terhadap tamu-tamu yang datang.

“Karena dengan uji kompetensi itu sudah tidak ragu juga yang punya hotel merasakan pelayanan dan pekerjanya sudah kompeten dan juga wisatawannya juga akan merasakan senang karena mereka sudah mampu memberikan pelayanan terbaik,” ujarnya.

Selain itu, efek domino yang ditimbulkan dari peningkatan kualitas pelayanan hotel dan restoran terhadap tamu-tamu juga adalah meningkatnya sektor ekonomi masyarakat.

“Pemerintah Daerah berharap bisa mengerti bahwa dengan adanya hotel dan restoran ramai juga multi effect nya juga cukup baik untuk pembelian ayam, telur semuanya kan dan kepentingan masyarakat setempatnya juga punya pendapatan lebih baik,” tutur Haji Ahmad.

Ia berharap, kerjasama antara PHRI dan Pemerintah Daerah yang selama ini telah dibangun dengan baik dapat lebih ditingkatkan kembali, terlebih di masa pandemi Covid-19 saat ini agar hotel dan restoran tetap beroperasi dan menguntungkan.

“Jadi dalam hal itu kita berharap ditingkatkan lagi kerjasamanya dengan salah satunya uji kompetensi,” tandasnya.***