Kerjasama dengan Bulog, Disperindag Cilegon Gelar Operasi Pasar Minyak Goreng dan Gula

50
Operasi Pasar Murah
(Foto: Maulana/Ekbisbanten.com).

CILEGON, EKBISBANTEN.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) menggelar operasi pasar untuk komoditas minyak goreng dan gula di Kecamatan Purwakarta.

Kegiatan tersebut diketahui bekerjasama dengan Kantor Bulog Cabang Serang untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat di tengah kelangkaan dan tingginya harga minyak goreng.

Tak pelak, minyak goreng yang dibanderol seharga Rp14 ribu per liter itu langsung dibanjiri oleh masyarakat sekitar yang tengah berburu komoditas hasil olahan dari kelapa sawit tersebut.

“Kegiatan ini untuk menstabilkan harga. Kita kerja sama dengan Bulog untuk operasi pasar minyak dan gula, karena memang minyak dan gula sekarang ini susah didapatkan khususnya minyak,” kata Kepala Bidang Perdagangan Disperindag Kota Cilegon Ema Hermawati kepada wartawan di halaman Kantor Kecamatan Purwakarta, Selasa (15/2/2022).

Ema menyampaikan bahwa operasi pasar minyak goreng dan gula tersebut sejatinya telah digelar sejak Senin, 14 Februari 2022 kemarin di Kecamatan Cibeber.

“Alhamdulillah sudah 2 hari kita melakukan operasi pasar dengan jumlah hampir 1000 paket minyak dan gula,” ujarnya.

Namun, saat disinggung apakah operasi pasar minyak goreng dan gula tersebut akan digelar juga di setiap kecamatan di Kota Cilegon, Ema mengaku bahwa pihaknya akan memprogramkan kembali untuk kecamatan lainnya dengan menyesuaikan ketersediaan barang tersebut.

“Saya sendiri dari pihak Disperindag punya keinginan semua kecamatan mendapatkan, tapi kita sesuaikan dengan stok yang ada di Bulog nya apakah bisa mencukupi kebutuhan seluruh kecamatan? Kalau pun tidak, kita akan mengadakan lagi besok atau lusa di kecamatan yang belum,” akunya.

Di tempat yang sama, Kepala Kantor Bulog Cabang Serang Budi Indrawan menuturkan bahwa pihaknya akan kembali berkoordinasi dengan Disperindag Kota Cilegon terkait rencana operasi pasar minyak goreng dan gula yang akan digelar di seluruh kecamatan.

“Saat ini baru terkonfirmasi di dua kecamatan. Kami nanti akan koordinasi lagi dengan Disperindag Kota Cilegon apakah akan dilakukan untuk titik kecamatan yang lain atau seperti apa,” tuturnya.

Budi juga mengungkapkan, dalam gelaran operasi pasar minyak goreng dan gula tersebut masyarakat tidak diperkenankan untuk memborong. Pasalnya, pihaknya telah menentukan jumlah barang tersebut sesuai kebutuhan.

“Untuk pembelian, kita maksimal 2 paket untuk 1 orang. Per paketnya seharga Rp 53 ribu dengan rincian 2 liter minyak goreng dan 2 kilogram gula pasir,” ungkapnya.

Sebagai informasi, Kantor Bulog Cabang Serang tersebut memiliki tiga wilayah kerja di antaranya Kota Serang, Kabupaten Serang dan Kota Cilegon.***