Keren, Pemkot Cilegon Libatkan Masyarakat untuk Perumusan RPJPD 2025-2045

Rizal Fauzi

| 3 Agustus 2023

| 16:44 WIB

EKBISBANTEN.COM, CILEGON – Biasanya Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) tidak membuka ruang untuk masyarakat merumuskan keinginannya dalam perencanaan pembangunan. Meskipun terdapat musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) dari tingkat kelurahan, namun yang terjadi, pembangunan dilakukan berdasarkan keinginan eksekutif dan legislatif saja.

Kali ini berbeda, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Kota Cilegon membuat terobosan dengan menggelar Pra Konsultasi Publik Rancangan Awal RPJPD 2025-2045 di The Royale Krakatau Hotel, Kamis (03/08/2023).

“Dengan diadakannya Pra Konsultasi Publik Rancangan Awal RPJPD Kota Cilegon, kami memiliki dasar pijakan yang kokoh untuk mencapai visi misi Kota Cilegon dalam kurun waktu 2025 hingga 2045. Ini akan menjadi panduan bagi seluruh Kepala Dinas dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kota Cilegon,” ungkap Sekretaris Daerah Kota Cilegon, Maman Mauludin.

Rencana tersebut, menurut Maman, menjadi kunci penting dalam mencapai sasaran penyelenggaraan pemerintahan daerah pada masa yang akan datang. Sebab Pra Konsultasi Publik ini juga menjadi kesempatan berharga untuk diskusi dan konsultasi terbuka antara pemerintah dan masyarakat.

Editor :Rizal Fauzi

Tags

Bagikan Artikel

Berita Terkait

Berita Terpopuler

Scroll to Top