Kepala BPBD Kota Serang Sebut Kecamatan Walantaka dan Kasemen Rawan Bencana Angin Puting Beliung

20
Kepala BPBD Kota Serang
Kepala Pelaksana BPBD Kota Serang, Diat Hermawan saat ditemui, Selasa (17/5/2022).(FOTO: ADEN/EKBISBANTEN.COM).

SERANG, EKBISBANTEN.COM – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Serang menyebut, hasil pemetaan wilayah Kecamatan Walantaka rawan terjadinya bencana angin puting beliung.

Selain Walantaka, pemetaaan yang dilakukan BPBD Kota Serang, daerah yang rawan bencana angin puting beliung yaitu Kasemen.

“Hasil pemetaan dari dulu pontensi terjadi rawan bencana angin puting beliung di Kota Serang daerah Walantaka dan Kasemen,” ungkap Kepala Pelaksana BPBD Kota Serang Diat Hermawan, kepada awak media, usai meninjau lokasi bencana angin puting beliung di lingkungan Jelalang, Walantaka Kota Serang, Selasa (17/5/2022).

Meski demikian, lanjutnya, pihaknya secara geografis, tidak mengetahui pasti apa penyebabnya daerah Walantaka dan Kasemen rawan potensi bencana angin puting beliung.

“BMKG yang lebih paham dan yang bisa menjelaskan, mungkin dari faktor perubahan iklim atau penyebab nya lain,” ucapnya.

Ia menjelaskan, langkah waspada jika terjadi bencana angin puting beliung, masyarakat harus pandai-pandai melakukan jalur evakuasi, seperti menebang pohon rindang dan juga evakuasi ke lapangan yang tidak ada pohon tinggi dan rindang.

“Bencana angin puting beliung tidak bisa diprediksi, tidak seperti bencana banjir. Jadi masyarakat harus pandai-pandai evakusi dini,” tutupnya.

Diketahui, berdasarkan data dari BPBD Kota Serang, bencana angin puting beliung yang terjadi di lingkungan Jelalang, kelurahan Pengampelan, Kecamatan Walantaka, Kota Serang ada sebanyak 99 rumah.

Dari jumlah 99 rumah, hanya rusak ringan, tidak ada korban jiwa, hanya saja satu orang mengalami patah tulang akibat tertimpa pohon dan juga kerugian materil.***