Kementerian ESDM Resmikan SBPKLU Baru di Tiga Lokasi

64

TANGERANG, EKBISBANTEN.COM – Dalam rangka memperingati Hari Listrik Nasional ke-75 tahun 2020, Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan meresmikan beroperasionalnya Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) di tiga lokasi salah satunya di Kantor PLN UP3 Cikokol, Tangerang.

Menteri ESDM Arifin Tasrif dalam sambutannya mengatakan operasional SPBKLU ini merupakan komitmen Kementerian ESDM dalam mendukung program percepatan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai untuk transportasi jalan, sesuai Peraturan Presiden No.55 Tahun 2019.

“Dalam melaksanakan salah satu ketentuan Perpres itu, Kementerian ESDM telah mengeluarkan peraturan Menteri ESDM No.13 Tahun 2020 tentang penyediaan infrastruktur pengisian listrik untuk kendaraan bermotor berbasis baterai,” ungkap Arifin Tasrif, Selasa (3/11).

Seiring dengan hal ini General Manager PLN UID Banten Paranai Suhasfan yang bergabung pada Launching SBPKLU secara virtual melalui zoom meeting, mengungkapkan bahwa ketersediaan diharapkan SBPKLU menggerakkan perubahan perilaku masyarakat dalam menggunakan energi listrik dalam berkendaraan.

“Dengan ketersediaan beberapa titik SBPKLU semoga ini memudahkan dan membudayakan kendaraan listrik,”ungkap Paranai.

Adapun peresmian ini mencakup SPBKLU di tiga lokasi Kantor PLN UP 3 Cikokol, Tangerang oleh Grab Indonesia dan Kymco; Alfarmart Gandaria 3 Jalan Jatayu, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan oleh Oyika; dan Kantor Ditjen Ketenagalistrikan, Jalan Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan oleh Ezyfast dan Oyika. (*/Raden)