Kejar Target Cakupan Universal Health Coverage, Pemkot Cilegon Minta Bantuan Industri

12
Pemkot Cilegon
Walikota Cilegon Helldy Agustian. Foto: Humas Pemkot Cilegon untuk Ekbisbanten.com

CILEGON, EKBISBANTEN.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon menargetkan cakupan kepesertaan semesta untuk kesehatan warganya atau Universal Health Coverage (UHC) sebesar 98 persen pada tahun 2022.

Walikota Cilegon Helldy Agustian mengatakan, target percepatan cakupan kepesertaan semesta untuk kesehatan warganya tersebut dalam rangka memberikan fasilitas kesehatan yang merata di Kota Cilegon.

“(Makanya) kita lagi diskusi perihal (target) mengenai UHC ini. Kita lagi mau mengejar diangka 98 persen. Pertama kami hadir di sini kurang lebih 82 atau 85 persen maksimal, sekarang sudah 90,54 persen. Artinya kita mau mengejar 7 koma sekian persen lagi,” kata Helldy Agustian kepada wartawan saat menyerahkan apresiasi kepada Industri dalam percepatan penanganan Covid-19 di kota Cilegon dirangkaikan dengan kegiatan peningkatan cakupan kepesertaan jaminan kesehatan Kota Cilegon melalui peran serta pihak swasta yang diselenggarakan di Aula Setda II Kota Cilegon, Selasa (11/01).

Masih kata Helldy, untuk mencapai target cakupan kesehatan semesta yang lebih besar tersebut, Pemkot Cilegon akan memimnta bantuan industri-industri yang ada di Kota Cilegon.

“Kalau 98 persen ini bisa kita capai dengan bantuan industri dan yang lainnya kita berharap nanti orang sakit di Cilegon hanya menggunakan KTP saja dan keluar pakai KTP,” ujarnya.

Lebih jauh, Helldy ingin industri-industri yang ada di Kota Cilegon dapat berperan aktif dalam membantu masyarakat mendapatkan fasilitas kesehatan yang merata.

“Kita berkeinginan industri punya peran dalam hal membantu yang namanya BPJS Kesehatan. Makanya lurah mendata keluarga yang tidak memiliki BPJS agar supaya nanti bisa dibantu dengan industri,” ucapnya.***