Kawasan Pantai Anyer Siap Tampung Pengunjung Usai Lebaran

23
Foto/ ISTIMEWA

KABUPATEN SERANG, EKBISBANTEN.COM – Libur pasca lebaran memang yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat untuk berkumpul bersama keluarga dan menikmati kebersamaan.

Ada banyak tempat wisata di daerah Kabupaten Serang yang asik untuk menikmati liburan bersama keluarga, salah satunya di pantai Anyer Kabupaten Serang.

Petugas Data Objek Wisata Dinas Pariwisata kecamatan Anyer Harry Resma mengatakan, mengenai kepadatan pengunjung untuk hotel di Anyer akan terlihat saat H+3 lebaran.

“Mengenai kepadatan pengunjung hotel/wisatawan pada saat menjelan idul fitri biasanya terlihat disaat H+3 lebaran” ujar Harry saat dimintai keterangan oleh wartawan Ekbisbanten.com pada (28/4/2022).

Adapun Harry mengungkapkan, Gunung Anak Krakatau (GAK) yang sedang dalam siaga III sebagian masyarakat Anyer memang sudah mengetahui.

“GAK memang saat ini dalam kondisi siaga III, tapi memang disatu sisi kami menghimbau masyarakat sekitar agar tetap waspada, berdoa dan tidak termakan isu-isu yang bertebaran dimedia sosial khususnya mengenai GAK dan tsunami,” pungkasnya.

Mengingat menjelang lebaran Idhul Fitri dan masih dalam kondisi Covid-19 “Insyaallah lebaran tahun ini kawasan wisata Kecamatan Anyer akan dikunjungi para wisatawan lokal baik Banten sendiri bahkan dari luar Banten, tapi tetap mematuhi protokol yang sudah disediakan oleh pengelola wisata atau hotel” ujarnya.

Mengingat, paska Lebaran Idhul Fitri 1443 atau Tahun 2022 Masehi dipastikan bakal dipadati para wisatawan dari dalam dan luar daerah. Maka Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang bakal berlakukan ganjil genap nomor kendaraan bermotor dan juga untuk para pengunjung atau wisatawan akan ada penerapan yang mewajibkan sudah melaksanakan vaksinasi minimal dosis 2 atau booster.

Dalam hal ini, pihaknya meminta kepada TNI, Polri dan OPD terkait agar di koordinasikan dengan pihak Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) agar menerapkan pemahaman yang sama ketika menghadapi para wisatawan yang menuju tempat wisata Pantai Anyer dan Cinangka guna mengurai kemacetan.

Pemberlakukan ganjil genap akan dituangkan dalam Surat Keputusan (SK) Bupati Serang yang akan diterbitkan dalam waktu dekat ini.

Hal itu disampaikan langsung oleh Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah usai Rapat Koordinasi Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Rakor Forkopimda) Kabupaten Serang di Pendopo Bupati pada Kamis, 21 April 2022. (*)