Kapolda Banten yang Baru Bidik Penambang Emas Ilegal Penyebab Banjir Bandang di Lebak

282
Irjen Pol Agung Sabar Santoso usai prosesi pengalungan bunga, saat acara penyambutan Kapolda baru, Rabu (8/1) foto: Istimewa

SERANG, EKBISBANTEN.COM – Sudah tujuh hari berlalu bencana banjir bandang dan longsor menimpa masyarakat di 5 Kecamatan, Kabupaten Lebak. Usut punya usut penggalian tambang emas ilegal di Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS) diduduga menjadi penyebab terjadinya bencana banjir yang merusak ribuan rumah warga di Lebak, Banten.

Seusai dilantik, Kapolda Banten Irjen Pol Agung Sabar Santoso mengatakan masalah aktivitas penggalian emas ilegal di Lebak akan jadi prioritasnya, Rabu (8/1).

“Untuk bagaimana penanganannya, kita akan bahu membahu dengan seluruh stakeholder, karena ini bukan hanya persoalan polisi,” ujar Irjen Pol Agung Sabar Santoso kepada wartawan usai acara penyambutan Kapolda baru.

Ia juga berharap teman-teman wartawan dapat membantu memberikan edukasi kepada masyarakat.

Kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke lokasi bencana banjir lebak pekan lalu, Jokowi mengatakan bencana banjir lebak salah satunya disebabkan oleh penggalian emas ilegal di taman nasional gunung halimun salak (TNGHS). Jokowi juga menegaskan aktivitas penambangan ilegal tersebut harus dihentikan.

Agung Sabar Santoso mengatakan akan menindak dengan tegas jika penggalian emas tersebut terbukti ilegal atau tidak mempunyai izin. “(jika terbukti ilegal) akan kita proses secara hukum,” tegasnya. (rohman)