Kanwil DJP Banten Ajak UMKM Optimalkan Bisnis Lewat Digital Marketing

22

SERANG, EKBISBANTEN.COM – Kantor Wilayah Direktorat Jendral Pajak (Kanwil DJP) Banten menggelar webinar bertajuk “Bussines Development Servis: Pertahankan Bisnis Lewat Digital Marketing” secara virtual melalui aplikasi zoom, Selasa (27/10).

Webinar yang diikuti ratusan pesarta dan berlangsung sekitar dua jam tersebut, menghadirkan narasumber utama Owner Kampus Dagang Online Suryadin Loaddang.

Menurut Suryadin, untuk memaksimalkan penjualan online, pelaku UMKM atau penjual disarankan membidik target atau segmen pasar yang akan dituju.

“Serta menghilangkan asumsi jualan online hanya untuk produk kecantikan dan obat saja. Jadi apapun bisa dijual lewat media online, hanya saja kita perlu batasi lagi jangkauan pasar lebih kecil lagi dengan menyesuaikan segmen pasar,” kata Suryadi, Selasa (27/10).

Selain membdidik pasar yang jelas kata Suryadi, jualan online harus dilakukan dengan menerapkan strategi pemasaran yang menarik dan menyesuaikan jenis media yang digunakan untuk menjual produk.

“Misalnya, kalau kita ada di Cilegon, upayakan jaringan dan followers media sosial kita adalah orang Cilegon juga. Supaya penjualan lebih optimal dan barang yang dijual tetap terjaga kualitasnya,” papar Suryadin.

Apalagi kata dia, penjualan ikan dan sayuran juga saat ini sudah dilakukan secara online oleh beberapa orang.

“Dan itu sukses dilakukan di tengah pandemi Covid-19. Lingkup nya perkecil lagi jadi area kecamatan, penuhilah kebutuhan di lingkungan sekitar penjualan anda,” katanya. (Raden)