Kantor UPP Kelas III Labuhan Sosialisasi Pembersihan Sampah di Pesisir Pantai Ujung Kulon

Kantor UPP Kelas III Pelabuhan Kegiatan sosialisasi pembersihan sampah non organik dan kerangka kapal di wilayah koservasi Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK) dan pulau di Banten. (FOTO/ DOK. KANTOR UPP KELAS III PELABUHAN)

PANDEGLANG, EKBISBANTEN.COM – Kantor Unit Pelaksana Pelayanan (UPP) Kelas III Labuhan, melaksanakan sosialisasi pembersihan sampah non organik dan kerangka kapal di wilayah koservasi Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK) dan pulau di Banten.

Bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat sekitar tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dan mengurangi dampak negatif dari sampah non organik serta kerangka kapal yang terbuang begitu saja.

Turut hadir dalam acara itu, Kepala Kantor UPP Kelas III Labuhan Boy Prasojo, Direktur Utama PT Lion Marine Salvage Fadillah, Ketua Bidang Organisasi dan Keanggotaan INSA Kapten Zaenal Arifin Hasibuan, Polhut Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK) Agus Fatlas dan para tamu undangan.

Kepala Kantor UPP Kelas III Labuhan Boy Prasojo mengatakan keselamatan pelayaran merupakan suatu hal yang utama dalam pelayaran.

“Intinya unsur utama keselamatan pelayaran yang utama adalah keselamatan manusia kesatu,” ujarnya di hotel Mutiara Carita, Kabupaten Pandeglang, Sabtu (22/7).

Ia juga mengatakan kegiatan tersebut bertujuan untuk pembersihan sampah di lautan terutama di kawasan kerja lingkungan Taman Nasional Ujung Kulon. Tentunya memerlukan bantuan dari semua stakeholder yang terlibat.

“Kegiatan percepatan pembersihan sampah di kawasan Taman Nasional ujung kulon agar pihak Taman Nasional,” ujarnya.

Sementara itu, Kabid Organisasi dan Keanggotaan DPP INSA Kapten Zainal Arifin Hasibuan mengatakan penyingkiran bangkai kapal itu ada aturan yang mengikat kapal agar kegiatan angkutan perairan itu bisa terjamin keselamatan dan keamanan serta menjamin perlindungan lingkungan maritim.

“Keselamatan pelayaran itu yang paling tinggi levelnya adalah keselamatan manusia,” tuturnya.

Editor :Rizal Fauzi

Tags

Bagikan Artikel

Berita Terkait

Berita Terpopuler

Scroll to Top