Kala Ojol Bermimpi Wujudkan Jaminan Sosial Lewat Serikat Pekerja

Suasana para ojol Kota Serang saat audiensi membentuk serikat pekerja di kantor Disnakertrans Provinsi Banten, Rabu (23/8/2023). Foto: Triono FOR EKBISBANTEN.COM

SERANG, EKBISBANTEN.COM – Matahari belum sempat meninggi di atas kepala, namun semangat para ojek online (ojol) beragam platform aplikasi di Kota Serang tak kunjung padam. Warna kuning, hijau dan oranye pada jaket mereka terlihat kontras dengan kenyataan yang ada. Sulit rasanya menyatukan beragam warna itu kecuali dengan keluh kesah anak istri mereka.

Jalan aspal memang tak selalu mulus, terkadang ada yang berlubang, bergelombang bahkan mengelupas. Di atas jalan aspal itu sepanjang mata memandang ada para ojol dengan warna jaket berbeda terus menyuarakan jaminan sosial dan status mereka.

Impian mereka tak muluk-muluk, hanya ingin jaminan sosial layaknya para pekerja yang lain. Adalah Triono salah satu dari perwakilan ojol yang ingin mewujudkan mimpi kaumnya itu. Ia paham, agar tujuannya tercapai perlu bersatu membentuk serikat pekerja.

Lalu datanglah ia bersama kawan satu aspalnya menyambangi Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Banten untuk audiensi, agar serikat pekerja ojol sebagai langkah awal sekaligus wadah perjuangan dapat tercapai.

Namun, jangankan serikat pekerja dan jaminan sosial, status pekerja mereka pun dipertanyakan oleh sang lembaga.

“Harus ada pengakuan dari Menakertrans soal status ojol, mitra atau pekerja. Disnakertrans provinsi ga berani memutuskan soal status ojol,” ucap Triono usai audiensi, Rabu (23/8/2023).

Editor :Rizal Fauzi

Tags

Bagikan Artikel

Berita Terkait

Berita Terpopuler

Scroll to Top