Kadindikbud Kabupaten Pandeglang Resmikan PKBM Maju Bersama dan PAUD Fazilatun Nisa

77

PANDEGLANG, EKBISBANTEN.COM – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadindikbud) Kabupaten Pandeglang Taufik Hidayat, secara remsi membuka launching Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Maju Bersama dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Fazilatun Nisa di Komplek Cipacung 1 Mandiri, Saruni Kabupaten Pandeglang, Kamis (12/11).

“Apresiasi serta harapan kepada PKBM Maju Bersama dan PAUD Fazilatun Nisa agar kedepannya semakin banyak lagi warga belajar dan peserta didik yang bisa bergabung. Sebagai bentuk implementasi dari Undang-undang Nomor 20 Tentang Sistem Pendidikan Nasional,” ujar Taufik dalam sambutannya.

Masih kata Taufik, pendidikan menjadi salah satu instrumen penting dalam membangun Sumber Daya Manusia (SDM) di Kabupaten Pandeglang, untuk itu Yayasan Insan Al-Faizin menghadirkan satuan pendidikan nonformal berupa PKBM, PAUD dan LKP.

“Sebagai bentuk komitmen awal, PKBM dan PAUD telah meluncurkan satuan tersebut secara resmi, serta perlunya sinergi bersama antara lembaga pendidikan, masyarakat, juga orang tua,” imbuhnya.

Pada kesempatan tersebut Kepala Kelurahan Saruni Ade Gozali, memberikan arahan agar satuan pendidikan mampu menjaga komunikasi, juga memaksimalkan potensi masyarakat.

“Kelurahan Saruni merupakan kelurahan yang memiliki kompetensi yang luar biasa maka wajar kelurahan saruni menjadi barometer bagi kelurahan lainnya di Majasari. Kami berharap komunikasi dan kordinasi berjalan baik dengan struktur agar capian prestasinya bisa lebih cepat diraih”, pungkasnya.

Pembukaan tersebut juga dihadiri juga Alumni paket C pendidikan kesetaraan dari PKBM lain yaitu Fikri Baharuddin, Mahasiswa Pendidikam Luar Sekolah Untirta yang berasal dari lulusan Paket C ini menyampaikan motivasi bagi para warga belajar yang hadir dalam agenda tersebut.

“Lulusan paket C ini bisa diterima di perguruan tinggi. Semoga menjadi motivasi bagi kita semua,” ungkapnya.

Untuk memperkuat kolaborasi, pada kesempatan yang sama juga dilakukan penandatanganan nota kesepemahaman (MoU) antara mitra pendidikan diantaranya Jurusan Pendidikan Non Formal Untirta dan Kelurahan Saruni.

Sekretaris jurusan Pendidikan Non Formal Untirta Dadan Darmawan menambahkan bahawa satuan Pendidikan Nonformal seperti PKBM perlu membangun kemitraan dengan Perguruan Tinggi.

“Tujuannya untuk pengembangan keilmuan, penelitian dan pengabdian,” pungkas Dadan. (*/Raden)