Jumlah Tamu Halal Bihalal pada Perayaan Idul Fitri 2022 Dibatasi, Ini Aturannya

14
Halal Bihalal
Ilustrasi Halal Bihalal. (FOTO: LIPUTAN6.COM).

EKBISBANTEN.COM – Jumlah tamu yang hadir untuk pelaksanaan acara Halal Bihalal saat Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah dibatasi oleh Pemerintah. Hal itu tertuang dalam Surat Edaran (SE) Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 003/2219/SJ tentang Pelaksanaan Halal Bihalal Pada Perayaan Idul Fitri 1443H/2022.

“Kegiatan Halal Bihalal disesuaikan dengan level daerah kabupaten/kota yang ditetapkan dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 3, Level 2, dan Level 1 Covid-19 di Jawa-Bali dan Inmendagri tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 3, Level 2, dan Level 1 serta mengoptimalkan Posko Penanganan Covid-19 di Tingkat Desa dan Kelurahan untuk Pengendalian Penyebaran Covid-19 di Wilayah Sumatera, Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papua yang berlaku,” bunyi surat edaran yang dikutip, Sabtu (23/4/2022).

Adapun, kebijakan tersebut untuk mencegah peningkatan jumlah kasus Covid-19. Berdasarkan SE ini, jumlah tamu yang dapat hadir dalam acara halal bihalal di daerah PPKM Level 3 yakni, 50 persen dari kapasitas tempat. Kemudian, untuk daerah PPKM level 2 jumlah tamu yang hadir 75 persen dari total kapasitas. “Dan 100 persen untuk daerah yang masuk kategori (PPKM) level 1,” jelasnya.

Selain itu, pemerintah melarang makanan dan minuman disajikan di tempat atau prasmanan. Hal ini berlaku untuk kegiatan halal bihalal dengan jumlah tamu diatas 100 orang. “Untuk kegiatan halal bihalal dengan jumlah diatas 100 orang, makanan/minuman disediakan dalam kemasan yang bisa dibawa pulang dan tidak diperbolehkan ada makanan/minuman yang disajikan di tempat (prasmanan). Harus dihindari acara makan-makan ramai yang membuat peserta membuka masker, karena rawan penularan Covid-19,” jelas Mendagri dalam edarannya.