Jelang Pemilu 2024, Mendagri Instruksikan Pj Kepala Daerah Tidak Terlibat Politik Praktis

Admin

| 20 Juli 2023

| 14:45 WIB

Mendagri
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian melantik 5 Penjabat Gubernur, Kamis (12/5/2022). (FOTO: KEMENDAGRI).

EKBISBANTEN.COM – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menginstruksikan agar para penjabat kepala daerah tak terlibat politik praktis dan bersikap netral.

Hal itu disampaikannya saat memberikan sambutan dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) ke-15 di ICE BSD, Kabupaten Tangerang, Kamis (20/7/2023).

Mulanya, Tito mengatakan pemilu merupakan hal yang sangat penting bagi Indonesia yang mengusung sistem demokrasi.

“Pada saat Pemilu itulah satu-satunya momentum yang melibatkan seluruh partisipasi rakyat untuk menentukan pemimpin atau perwakilannya. Oleh karena itu memang kita harus sukseskan Pemilu ini dan Pemilu ini hanya bisa sukses melalui orkestrasi, kerja sama berbagai stakeholder,” katanya.

“Stakeholder yang paling utama adalah penyelenggara Pemilu karena kita memiliki penyelenggara yang independen, KPU kita berharap bisa melaksanakan tugasnya dengan baik di semua jajaran sampai ke daerah KPUD-nya dan itu tidak mudah karena melibatkan jutaan sampai dengan ad hoc di TPS-TPS,” sambung Tito.

Ia pun menuturkan berbagai peran pemerintah dalam menjaga situasi dan keamanan tetap stabil jelang Pemilu 2024.

Untuk itu, Tito berharap para kepala daerah dapat memanfaatkan tim pengendalian konflik sosial untuk meminimalisir potensi konflik yang ada.

Editor :Rizal Fauzi

Tags

Bagikan Artikel

Berita Terkait

Berita Terpopuler

Scroll to Top