Jelang Idul Adha, Harga Bahan Pokok di Pasar Rau Merangkak Naik

43
Suasana pasar Rau Serang. Dok/Raden/Ekbisbanten.com

SERANG, EKBISBANTEN.COM – Harga komoditas bahan pokok di Pasar Rau Kota Serang merangkak naik menjelang Hari Raya Idul Adha. Kenaikan salah satunya terlihat jelas pada komoditas cabai rawit.

Irfan, salah satu pedagang di Pasar Rau mengatakan, kenaikan paling tinggi terjadi pada komoditas cabai rawit merah yang naik 100 persen dari harga Rp35 ribu menjadi Rp70 ribu perkilogram.

“Naik bang, sudah dua minggu harga mulai naik, hampir semua bahan pada naik sih,” kata Irfan kepada Ekbisbanten.com, Selasa (13/7).

Lanjut Irfan beberapa komoditas lain yang juga mengalami kenaikan harga diantaranya, cabai merah besar dari Rp20 ribu menjadi Rp25 ribu perkilogram, tomat dari Rp8 ribu menjadi Rp12 ribu perkilogram, dan bawang merah dari Rp30 ribu jadi Rp35 ribu.

“Biasanya sih jelang hari raya itu bahan-bahan mengalami kenaikan,” imbuhnnya.

Sementara itu pedagang lain Mukti menyebut, kebijakan PPKM menyebabkan penurunan omset pendapatan jualanya hingga 40 persen. Hal tersebut disebabkan banyak dari pembeli bahan pangan ini untuk berjualan terpaksa harus tutup lebih awal.

“Ya banyak yang mengurangi pembelian biasanya beli 5 kilogram ini cuma 3 kilogram karena dagangan harus tutup jam 8,” kata Mukti.

Meskipun dalam kondisi PPKM, para pedagang di pasar Rau tetap membuka lapaknya selama 24 jam.

“Tetap buka 24 jam, meskipun agak turun sih penjualannya,” tutup Mukti. (Raden)