Sabtu, 18 Mei 2024
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Jelang Akhir Tahun, Pemprov Banten Gunakan Dana Fiskal untuk Kendalikan Inflasi

Budi Man

| 11 Desember 2023

| 18:00 WIB

Jajaran Pwmprov Banten tengah rapat membahas pengendalian inflasi jelang akhir tahun di Ruang Rapat Gubernur Banten, KP3B, Kota Serang, Senin, (11/12/2023). Foto: Dokumentasi Pemprov Banten.

SERANG, EKBISBANTEN.COM – Tinggal menghitung hari, tahun baru 2024 akan segera tiba. Seperti fenomena sebelum-sebelumnya, harga-harga di pasar yang cenderung naik menjadi sinyal kuat tanda inflasi perlu dikendalikan. 

Pun begitu dengan wilayah ujung Barat Pulau Jawa. Pengendalian inflasi menjadi salah satu fokus kerja Pj Gubernur Banten Al Muktabar. 

BPS mencatat, Inflasi tahunan (Y-o-Y) untuk November 2023 Provinsi Banten sebesar 3,03 persen. Sedangkan data bulanan, inflasi November sebesar 0,57 persen. Inflasi naik 0,39 persen dari bulan Oktober sebesar 0,18 persen di tahun yang sama. 

Merujuk data itu, Al Muktabar bilang, kendali inflasi salah satunya dengan pemanfaatan dana fiskal daerah untuk mengurangi pengeluaran dan menyeimbangkan anggaran.

Ia menambahkan, upaya pengendalian lain, dengan memantau komoditi yang menjadi biang kerok inflasi, seperti beras dan cabai merah. Dengan upaya itu, ia berharap mampu menyetabilkan harga dan ketersediaan bahan pangan tersebut.

Editor :Rizal Fauzi

Bagikan Artikel

Scroll to Top