Jawab Kebutuhan Publik akan Informasi Berkualitas, DJP Lakukan Ini

112

SERANG, EKBISBANTEN.COM – Direktorat Jenderal Pajak (DJP) menggelar Lokakarya Kontributor Konten Situs Web pajak.go.id secara daring di Jakarta (Rabu, 5/8).

“Lokakarya ini bertujuan untuk melatih para kontributor konten dalam meningkatkan kapasitas menulis konten-konten kehumasan yang substansial,” ujar Kasubdit Humas DJP Ani Natalia saat membuka acara.

Wanita yang akrab disapa Kak Ani itu mengatakan, terdapat 10,47 juta Wajib Pajak (WP) Orang Pribadi yang telah menyampaikan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan PPh tahun 2019.

“Jika dibandingkan dengan angkatan kerja yang berjumlah 137,91 juta jiwa, jumlah orang pribadi yang sadar pajak ini sekitar 7,6 persen. Persentase ini semakin kecil jika dibandingkan dengan 185,22 juta jiwa penduduk usia produktif, menjadi sekitar 5,7 persen saja,” ungkap Ani.

Oleh karena itu, menurut Ani, dibutuhkan upaya bersama untuk menyadarkan 92,4% angkatan kerja atau 94,3 persen penduduk usia produktif lainnya itu. Salah satu upaya tersebut dengan memperbanyak konten kehumasan di situs web DJP.

“Konten yang bisa meningkatkan kesadaran pajak adalah konten-konten yang secara jurnalistik bernilai substantif dan bukan seremonial,” tutur Ani.

Untuk itu, pihaknya berupaya agar situs pajak itu berisi informasi-informasi yang akurat, up to date, gampang diakses, dan berguna bagi publik dalam mendapatkan informasi perpajakan yang mereka butuhkan.

“Situs ini harus menjadi rujukan bagi publik untuk mendapatkan informasi, pengetahuan, dan aturan terkait perpajakan,” jelasnya.

Ani menambahkan, sebagai institusi pengumpul pendapatan negara, tantangan yang dihadapi DJP cukup berat. Namun ia tetap optimis, dengan semangat gotong-royong, tantangan itu bisa dilalui.

“Tidak mungkin kami bekerja sendirian. Salah satu kekuatan DJP adalah memiliki jumlah pegawai yang berjumlah besar dan kemampuan mereka di atas rata-rata,” ungkapnya.

Potensi yang besar itu bisa dimanfaatkan untuk mengedukasi masyarakat. “Kita akan memperbanyak konten edukasi (how to). Karena ini tugas kita bersama, mari bergandengan tangan. Bersama-sama membuat konten-konten yang substantif untuk saudara-saudara kita yang masih belum sadar pajak,” pungkasnya.

Dalam kesempatan ini, Ani juga mengumumkan Pemenang Kontributor Terbaik Situs Web DJP tahun 2020.
Tiga pemenang Kategori Kontributor Artikel Opini Terbaik diraih oleh:

1. Apri Prayoga Arrfah, KPP Pratama Badung Selatan, dengan judul “Bayar Mahal melalui Stimulus Fiskal: Indonesia dan Dunia”.
2. Sri Lestari Pujiastuti, KPP Pratama Jakarta Kalideres, dengan judul “Menuju Kenormalan Baru Pelayanan Pajak” dan
3. Endah Sitarasmi, Direktorat Data dan Informasi Perpajakan, dengan judul “Ekonomi Melambat Dividen Segera Bebas Pajak”.

Sementara itu, lima pemenang Kategori Kontributor Berita dan Flash Photo terbaik diraih oleh:

  1. Sri Rahayu Murtiningsih, (Kanwil DJP Kalimantan Barat)
  2. Herry Prapto (Kanwil DJP Jawa Barat I)
  3. Vanny Alviyana (KPP Singkawang)
  4. Satrio Ramadhan (Kanwil DJP Sulawesi Selatan, Barat, dan Tenggara)
  5. Otniel Adityo Setyawan (KPP Pratama Bontang).

Pelatihan yang diikuti lebih dari 700 peserta ini menghadirkan dua narasumber eksternal DJP yaitu redaktur majalah dan koran tempo Retno Sulistyowati dan redaktur pelaksana gatra.com Rohmat Haryadi. (*/raden)