Jasa Raharja Lakukan Monitoring Arus Mudik di Pelabuhan Merak

10
Monitoring Jasa Raharja di Pelabuhan Merak. (Dok/Istimewa)

CILEGON, EKBISBANTEN.COM – Penanggung Jawab Samsat Cilegon PT Jasa Raharja Cabang Banten, Nurochman, melakukan kegiatan kunjungan dan monitoring arus mudik lebaran di Pelabuhan Merak.

Hal ini dilakukan untuk memberikan perlindungan kepada setiap penumpang yang sah pada saat melakukan penyebrangan, dimulai saat penumpang naik kapal di dermaga asal hingga turun di dermaga tujuan.

Kepala PT Jasa Raharja Cabang Banten Sigit Harismun menjelaskan, salah satu tugas pokok dan fungsi PT Jasa Raharja tertulis pada UU Nomor 33 tentang Dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan Penumpang di mana Jasa Raharja menghimpun dana dari masyarakat dengan melakukan pengutipan Iuran Wajib dari penumpang kendaraan angkutan umum.

“Apabila dalam perjalanan kapal penyebrangan mengalami kecelakaan, maka seluruh penumpang berhak mendapatkan santunan sesuai UU 33/64,” kata Sigit, Senin (25/4).

Sigit Harismun menambahkan kegiatan ini bertujuan untuk menjalin hubungan kemitraan yang baik dengan pemilik angkutan umum sekaligus upaya meningkatkan pendapatan iuran wajib di sektor UU Nomor 33 dan mendata kendaraan di beberapa Perusahaan Otobus (PO) yang ada di Banten.

Adapun besaran iuran wajib diatur berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 15/PMK.010/2017 tentang Besar Santunan dan Iuran Wajib Dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan Penumpang Alat Angkutan Penumpang Umum di Darat, Sungai/Danau, Ferry/Penyeberangan, Laut, dan Udara.

“Jasa Raharja cabang Banten akan selalu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat serta menjalin silahturahmi dengan mitra kerja,” ujar Sigit. (*)