Jangan Panik! Lakukan Hal Ini Ketika Transfer Dana Bermasalah

13
ATM
Ilustrasi.

CILEGON, EKBISBANTEN.COM – Sistem transfer dana dalam setiap bank atau non bank kini semakin pesat dan marak digunakan oleh masyarakat. Sistem tersebut diyakini sangat memudahkan perpindahan atau pengiriman uang antar satu pihak ke pihak lainnya.

Meskipun memudahkan, terkadang sistem transfer juga terdapat sejumlah masalah di tengah masyarakat penggunanya, mulai dari transaksi yang berhasil namun pembayaran yang dilakukan tidak sampai ke tujuan hingga terdapat gangguan-gangguan teknis lainnya.

Dikutip dari laman instagram @bank_Indonesia yang bercentang biru, Bank Indonesia membeberkan sejumlah masalah yang biasa terjadi dan sekaligus memberikan tips cara menghadapi masalah transfer dana agar transaksi tetap asyik.

  1. Bagaimana apabila status transaksi berhasil, namun transfer atau pembayaran yang dilakukan tidak sampai ke tujuan?

Menjawab permasalahan tersebut, ada dua cara agar hal itu dapat teratasi. Cara pertama yaitu, nasabah dapat menghubungi bank/nonbank terkait untuk dapat ditindaklanjuti sesuai ketentuan. Kedua, untuk mencegah kondisi tersebut, pada saat bertransaksi nasabah perlu memastikan data tujuan telah sesuai dengan notifikasi status transaksi.

  1. Bagaimana penyelesaian transaksi yang bermasalah?

Mengacu pada PBI No. 22/20/PBI/2020 tentang perlindungan konsumen Bank Indonesia, pengaduan tersebut dapat disampaikan kepada Bank Indonesia sepanjang memenuhi persyaratan sebagai berikut:

I. Telah menyampaikan pengaduan kepada penyelenggara, namun tidak mencapai kesepakatan antara nasabah dengan pihak penyelenggara.

II. Permasalahan yang diadukan merupakan permasalahan perdata yang tidak sedang dalam proses atau belum pernah diputus oleh lembaga arbitrase atau peradilan atau belum terdapat kesepakatan yang difasilitasi oleh lembaga mediasi.

III. Mengalami potensi kerugian finansial yang ditimbulkan oleh penyelenggara dengan nilai tertentu yang ditentukan Bank Indonesia.

Selanjutnya, terkait kendala transfer dana, nasabah dapat berkoordinasi dengan pihak penyelenggara terlebih dahulu.

  1. Bagaimana penanganan masalah atau gangguan teknis apabila terjadi pada saat transaksi di luar jam kerja atau malam hari?

Penanganan pengaduan masalah atau gangguan teknis di luar jam kerja dapat menghubungi layanan helpdesk 24/7 yang disediakan oleh bank/nonbank.

Demikian masalah yang biasa terjadi dalam transfer dana dan cara mengatasinya. Semoga berhasil!***