Jaga Pasokan dan Stabilisasi Harga Daging, 2000 Ekor Sapi Didatangkan dari Australia

12
Sapi Australia
Sapi impor dari Australia tiba di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (11/4/2022). (FOTO: SUGIHARTO PURNAMA/ANTARA).

EKBISBANTEN.COM – Sebanyak 2000 ekor sapi hidup asal Queensland Australia tiba di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (11/4/2022).

Kedatangan ribuan ekor sapi tersebut merupakan upaya pemerintah dalam rangka memenuhi stok daging selama hari besar keagamaan nasional mulai dari Ramadhan, Idul Fitri, maupun Idul Adha. Selain itu juga untuk menjaga pasokan dan stabilisasi harga komoditas daging di Tanah Air.

Kepala Badan Pangan Nasional (National Food Agency), Arief Prasetyo Adi mengatakan, langkah ini merupakan bagian dari upaya ketahanan pangan dalam menjaga pasokan dan stabilisasi harga sapi agar tidak melambung tinggi di pasaran.

“Hari ini bersama Badan Pangan Nasional, Kementerian Pertanian, Kementerian BUMN, Satgas Pangan, mendatangkan sapi hidup dari Australia untuk dilakukan penggemukan dua sampai tiga bulan ke depan untuk kebutuhan Idul Adha dan ada juga sapi yang siap untuk dikirim ke sentra-sentra untuk memenuhi kebutuhan saat puasa dan Lebaran,” katanya.

Lebih lanjut Arief menjelaskan dalam rangka memenuhi kebutuhan HBKN 2022 pihaknya berupaya melakukan stok sapi hidup baik pengadaan dalam negeri melalui mobilisasi sapi hidup lokal maupun cadangan pengadaan import.

“Stok pengadaan dari dalam negeri itu juga menjadi kunci salah satunya dari Jawa Timur, Jawa Tengah, dan juga nanti dalam waktu dekat dari Kupang dari Sumbawa, ditambah sapi-sapi yang baru hadir dari Australia ini untuk dilakukan fattening,” tandasnya.