Jaga Momentum, Toyota Luncurkan New Fortuner & New Kijang Innova

24

EKBISBANTEN.COM – Industri otomotif terus berjuang untuk bangkit pascapenurunan yang terjadi akibat dampak pandemi COVID-19. Sejak diproyeksi penjualan nasional akan meluncur hingga minus 40%, pada kuartal 3 dan 4 yang tersisi para pemain terus menancapkan pedal gas bisnis mereka.

Beberapa merek pun meluncurkan produk-produk andalan mereka. Tidak terkecuali PT Toyota Astra Motor yang meluncurkan dua produk yang menjadi market leader di segmen berbeda.
Digelar secara virtual di media sosial Toyota Indonesia, PT TAM menghadirkan New Fortuner dan New Kijang Innova.

“Kami menyadari bahwa kondisi saat ini cukup menantang untuk kita semua. Namun, Toyota tak berhenti untuk menghadirkan solusi mobilitas untuk setiap lapisan masyarakat,” ujar Vice President Director PT Toyota-Astra Motor, Henry Tanoto, Kamis (15/10/2020).

Henry berharap, produk baru ini bisa menjadi stimulus agar industri otomotif kembali bergairah. Apalagi, dua produk ini merupakan market leader di kelasnya masing-masing. Prestasi ini bisa diraih lantaran keduanya memang dikembangkan untuk konsumen Asia, khususnya Indonesia.

“Secara total, dua mobil ini telah menemani lebih dari 2,2 juta penumpang di Indonesia,” lanjut Henry. Lantas ubahan apa saja yang dibawa keduanya?

Pertama New Fortuner. Mobil yang mengisi segmen Sport Utility Vehicle (SUV) 7 kursi ini mendapat pembaruan di bagian eksterior, interior, beberapa fitur baru, dan fungsi baru di dalam mesin.

Dari segi desain, grille dan garnish pada lampu LED dibuat lebih besar dengan desain baru yang lebih segar sehingga tampak kian dominan dan berkelas. Penyegaran rupa terlihat pada New Front Bumper Design, New Radiator Grille Design, New LED Head Lamp Design, New LED Fog Lamp Design, serta penambahan ornamen chrome pada bumper, grille, dan fog lamp.

Tidak hanya mewah, New Fortuner dilengkapi pula dengan fitur yang memanjakan penumpang. Menjadi yang pertama di segmen High SUV, mobil ini memiliki fitur wireless charger yang memberikan kemudahan isi ulang baterai smartphone tanpa kabel. Head unit with 9 Inch Screen Display memiliki fitur konektivitas Miracast dan SDL, voice command, Surround Monitor, sedangkan untuk varian VRZ, SRZ dan TRD Sportivo memiliki tambahan fiitur NFC dan Smartphone Connection.

Front Seat Power Adjuster untuk mengubah posisi duduk bangku depan secara otomatis, Rear Seat Entertainment with Illumination, dan Electro Chromic Mirror sebagai fitur anti silau mengemudi di malam hari. Semua pembaruan tersebut tersedia di model SRZ, VRZ, dan TRD Sportivo, sementara spion anti silau untuk semua model.

New Fortuner juga menyematkan safety feature, baik untuk model 4×2 maupun 4×4 yang sangat mumpuni di medan off-road. Aplikasi Variable Fluid Control (VFC) pada power steering tipe TRD Sportivo, VRZ, dan G membuatnya begitu mudah dan nyaman dikendalikan di berbagai tingkat kecepatan, termasuk saat manuever di medan berat.

Hill Start Assist (HSA), Vehicle Stability Control (VSC), Emergency Brake Signal (EBS), Trailer Sway Control (TSC), Traction Control (TRC) juga terdapat di semua model. Tipe VRZ 4×4 memperoleh tambahan fitur Limited Slip Differential, sedangkan 7 Airbags terdapat di tipe VRZ 4×4 dan G 4×4.

Tak hanya itu, mesin diesel ramah lingkungan 2GD-FTV 2.400 cc yang sanggup menghasilkan tenaga 149.6 PS dan torsi 40.8 kgm memeroleh sentuhan berupa penggunaan sistem pendingin air di rumah kompresor turbo untuk menurunkan suhu udara yang akan ditekan ke dalam ruang bakar sehingga tekanan udara meningkat.

Langkah meningkatkan efisiensi mesin berikutnya adalah adopsi electronically controlled common-rail injection system dengan tekanan hingga 250 MPa yang membuatnya semakin irit bahan bakar.

Sebagai Multi Purpose Vehicle (MPV) 7-seater legendaris Tanah Air, Kijang Innova hadir dengan penambahan varian baru yaitu Luxury Grade (G Luxury Gasoline dan V Luxury Gasoline) yang dilengkapi dengan captain seat di kabin tengah yang sebelumnya hanya ada di tipe Q dan Venturer.

Hadirnya varian baru ini tak hanya memberikan tambahan pilihan bagi pelanggan namun juga menawarkan kenyamanan kabin lebih baik bagi keluarga Indonesia.

New Kijang Innova Luxury dan New Venturer dibekali dengan Integrated Air Purifier (Car Ionizer) yang dapat meningkatkan kualitas udara di dalam kabin mobil. Fitur ini dapat bekerja secara otomatis ketika indikator menunjukkan terjadinya penurunan kualitas udara dalam kabin. Healthy feature ini dinilai sangat pas untuk menambah kenyamanan bagi anggota keluarga saat bermobilitas.

Lebih lanjut, New Kijang Innova juga dilengkapi dengan ubahan pada sisi eksterior dan interior yang membuatnya tampil lebih premium dan prestigious. Pada sisi eksterior, seluruh varian New Kijang Innova mendapatkan beberapa sentuhan mulai dari New Grille Design with Dark Gray Paint and Chrome List Ornament, New Side Turn Signal Lamp Design with Black Ornament, hingga New Two Toned 16” Alloy Wheel.

Pada varian V, New Kijang Innova mendapatkan sentuhan tambahan berupa New Day-time Running Light, New Front Bumper with New Illuminating LED Fog Lamp, New Rear Combination Lamp with Black List, New Backdoor Black Paint Ornament, dan New Rear License Garnish. Sementara pada varian G, terdapat ubahan berupa New Front Bumper with Halogen Fog Lamp.

Khusus untuk Luxury Grade, New Kijang Innova dibekali dengan ubahan yang ditujukan untuk memberikan kenyamanan lebih baik pada sisi interior melalui New Black Color Captain Seat, New Seat Table, New Instrument Panel with Wooden Ornament, dan New Luxury Emblem pada sisi belakang eksterior.

Di sisi lain, New Venturer menyajikan penampilan premium tough melalui ubahan eksterior berupa New Distinctive Front Grille with New Bumper Spoiler Package, New Illuminating LED Fog Lamp, New Sleek Rear Spoiler, New Rear License Garnish, New Backdoor Ornament Shape, dan New Day-time Running Light. Lebih lanjut, New Venturer mampu tampil begitu dominan di jalan berkat New Dynamic 17” Alloy Wheel yang menguatkan tampilan cool dan tough.

Untuk harga, New Kijang Innova dibanderol Rp 337,6 juta dan Rp 435,5 juta untuk New Venturer. Sementara New Fortuner diberi harga Rp 504,9 juta. (*/Raden)