Investasi Bodong Marak, OJK Bekali IWAPI Banten Literasi Keuangan

34
Foto Gambar Layar

SERANG, EKBISBANTEN.COM – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kantor Regional (KR) 1 DKI Jakarta dan Banten mengingatkan seluruh anggota Dewan Pimpinan Daerah (PDP) Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Banten agar tidak mudah tergiur dengan tawaran bunga tinggi dalam berinvestasi, mengingat maraknya investasi bodong.

Deputi Direktur Dokumentasi, Informasi, EPK Kantor OJK Regional 1 DKI Jakarta dan Banten F. A. Purnama Jaya mengatakan, dampak dari rendahnya literasi keuangan akan membuat masyarakat terjebak, salah satunya terhadap investasi bodong.

“Biasanya masyarakat tidak tau apa manfaat dan resiko investasi saham ini, banyak yang di iming-imingi dengan return (pendapatan) yang tinggi padahal punya resiko yang tinggi juga,” kata Purnama dalan agenda webinar yang digelar oleh IWAPI bertajuk Menyiasati Pengelolaan Keuangan Dalam Bisnis di Masa Pandemi melalui aplikasi zoom, Kamis (25/2).

Purnama juga menjelaskan, untuk meningkatkan inklusi dan literasi keuangan, salah satu cara yang dilakukan oleh OJK yakni memberikan akses pembiayaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang murah dan cepat melalui kredit, dengan bekerjasama dengan pemerintah daerah.

“Kami harap IWAPI bisa memanfaatkan layanan ini untuk meningkatkan perekonomian melalui kredit usaha,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Umum DPD IWAPI Banten Lilis Komariah berharap, lewat agenda ini dapat memberikan edukasi literasi keuangan bagi anggota IWAPI yang mengalami penurunan penjualan.

“Mengingat di masa pandemi ini, ibu-ibu pengusaha harus tetap berjalan dalam menjalankan bisnis dan itu harus didukung dengan pengelolaan keuangan yang baik,” katanya.

Sebagai informasi dalam agenda tersebut, IWAPI menghadirkan narasumber yang kompeten dibidangnya diantaranya, Kepala Bagian Edukasi Perlindungan Konsumen OJK KR 1 DKI Jakarta dan Banten Ruth Simanjuntak serta Financial Planner Simson J.M Sinaga. (Raden)