Minggu, 14 Juli 2024
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Instruktur Safety Riding MSK Jelaskan Fungsi Spion Motor yang Kerap Tak Disadari dan Cara Menggunakannya

Esih Yuliasari

| 24 Juni 2024

| 10:00 WIB

Spion Motor
Spion motor. (FOTO: DOK. MSK).

EKBISBANTEN.COM – Spion atau kaca spion, sering dianggap sebagai bagian kecil dari kendaraan. Namun, fungsi spion sangat penting dan krusial untuk keselamatan berkendara.

Melalui spion, pengemudi dapat memantau kondisi di belakang dan di samping kendaraan tanpa harus menoleh secara langsung, sehingga dapat meningkatkan kewaspadaan dan mengurangi risiko kecelakaan.

Berikut beberapa peran spion dalam keselamatan berkendara:

  1. Memantau Lalu Lintas di Belakang

Spion memberikan pengemudi kemampuan untuk melihat kendaraan lain yang datang dari belakang. Ini sangat penting saat hendak berpindah jalur, menyalip, atau mengurangi kecepatan.

  1. Mendeteksi Kendaraan di Titik Buta

Spion samping membantu pengemudi untuk melihat area yang tidak terlihat langsung dari kaca depan, yang dikenal sebagai titik buta.

Dengan memeriksa spion samping secara rutin, pengemudi dapat menghindari tabrakan dengan kendaraan yang berada di titik buta tersebut.

  1. Mendukung Manuver Berkendara

Ketika parkir atau memundurkan kendaraan, spion sangat membantu untuk memastikan area di sekitar kendaraan aman dan bebas dari rintangan.

  1. Mengurangi Risiko Kecelakaan

Dengan selalu menggunakan spion, pengemudi dapat lebih cepat merespons situasi darurat, seperti kendaraan yang mendekat dengan cepat atau pejalan kaki yang tiba-tiba muncul, sehingga dapat mengambil tindakan yang diperlukan untuk menghindari kecelakaan.

Adapun cara menggunakan spion dengan Benar adalah sebagai berikut:

  1. Atur Posisi Spion dengan Tepat

Pastikan spion tengah dan spion samping diatur sedemikian rupa sehingga memberikan pandangan yang luas dan jelas dari belakang dan samping kendaraan.

Spion samping sebaiknya menampilkan sedikit bagian dari sisi kendaraan untuk referensi visual.

  1. Periksa Spion Secara Berkala

Selalu periksa spion sebelum berpindah jalur, menyalip, atau berbelok. Biasakan untuk memeriksa spion secara rutin setiap beberapa detik saat berkendara.

Instruktur Safety Riding PT Mitra Sendang Kemakmuran, Opan Sopandi, mengatakan, spion bukan hanya aksesori kendaraan, tetapi merupakan alat penting untuk keselamatan berkendara.

“Dengan memanfaatkan spion secara optimal, pengemudi dapat meningkatkan kewaspadaan dan mengurangi risiko kecelakaan di jalan,” ujarnya.

“Mari kita jadikan penggunaan spion untuk #cari_aman sebagai bagian tak terpisahkan dari kebiasaan berkendara kita untuk mewujudkan jalan raya yang lebih aman bagi semua pengguna jalan,” pungkas Opan.*

Editor :Rizal Fauzi

Bagikan Artikel

Terpopuler_______

Scroll to Top