Institut Kemandirian Dompet Dhuafa Buka Servis Motor Gratis untuk Penyintas Banjir Banten

47
Dompet Dhuafa
(Foto: Ist).

EKBISBANTEN.COM – Institut Kemandirian yang merupakan lembaga pelatihan keterampilan dan kewirausahaan milik Dompet Dhuafa, membuka layanan servis motor gratis bagi penyintas Banjir di Kota Serang, Banten pada Senin dan Selasa, 7-8 Maret 2022.

Servis motor gratis bagi penyintas banjir di Kota Serang, Banten itu disambut antusias warga. Hal itu terlihat dari bagaimana warga berbondong-bondong mendatangi posko servis motor gratis Institut Kemandirian yang terletak di Kampung Kebalen RT 01/10, Kelurahan Banten, Kecamatan Kasemen, Kota Serang, Banten.

Tidak kurang dari 49 kendaraan yang tercatat sudah menerima layanan gratis tersebut. Dari jumlah itu, tak sedikit motor yang dalam kondisi mati total akibat terendam banjir.

Manager Program Reguler Institut Kemandirian Dompet Dhuafa Akhmad Zaenudin mengatakan, Institut Kemandirian melibatkan alumni pelatihan keterampilan otomotif sepeda motor dalam program layanan servis gratis tersebut.

“Kami dapat info dari DD Banten tentang keterbutuhan  service motor bagi penyintas banjir di Banten, kemudian kita siapkan  alumni IK untuk membantu menjadi mekanik,” katanya.

Lebih lanjut, Zaenudin menyebut Institut Kemandirian menurunkan sebanyak enam orang tim yang terdiri dari empat mekanik dan dua supporting.

“Sebagian besar kendaraan yang kita perbaiki adalah sepeda motor yang terendam banjir, rata rata perbaikan pada karburator, ganti busi ganti oli dan filter udara,” ucapnya.

Menurutnya, program layanan gratis seperti ini akan terus dilakukan Institut Kemandirian di lokasi bencana. Tentunya, melalui koordinasi dan sinergi dengan Cabang Dompet Dhuafa setempat.

“Insya Allah apabila ada kebutuhan di masyarakat, IK akan menurunkan alumni-alumni yang kompeten di bidang skillsnya untuk membantu meringankan masyarakat, tentunya tetap koordinasi dan sinergi dengan DD Cabang,” tuturnya.

Senada dengan Zaenudin, Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Banten, Mokhlas Pidono menyatakan bahwa program ini adalah bentuk kolaborasi Institut Kemandirian dan Dompet Dhuafa Banten dengan tujuan untuk meringankan beban penyintas yang motornya mati terendam banjir.

“Servis gratis sepeda motor ini tentu akan sangat membantu dan meringankan warga terdampak, semangat kolaborasi untuk kebaikan ini harus terus dijaga dan dirawat,” ungkapnya.

Sementara itu, salah satu penerima layanan servis motor gratis Sopian mengatakan, dirinya merasa sangat terbantu dengan program servis motor gratis Institut Kemandirian.

“Sangat terbantu, apalagi motor saya mati total akibat terendam banjir dan tidak sempat dievakuasi,” katanya.

Sopian yang beralamat di Kampung Kebalen, Kelurahan Banten, Kecamatan Kasemen, Kota Serang itu menyampaikan, banjir menggenangi pemukiman warga pada Selasa 1 Maret 2022.

“Ketinggian mencapai lebih dari satu meter, pada saat itu saya tidak sempat kepikiran untuk mengamankan sepeda motor,” ujarnya.

Dengan dibantu layanan servis gratis sepeda motor dari Institut Kemandirian, Sopian kembali bisa mengendarai sepeda motornya yang sudah mati total.

“Tadi ke sini di step (dorong), Alhamdulillah sekarang sudah hidup kembali. Terima kasih Institut Kemandirian dan Dompet Dhuafa,” tandasnya.**