Ini Usia Paling Ideal untuk Menikah Menurut Teori Matematika

11
Dok/ instagram @adityanugraha95

EKBISBANTEN.COM – ‘Kapan nikah?’ Pertanyaan yang sering kali membuat jengah dan kesal, terutama untuk para jomblo. Namun secara teori, ada usia ideal kapan seseorang, baik pria maupun wanita sebaiknya menikah.

Teori itu dikembangkan duo ilmuwan Tom Griffiths dan Brian Christian dalam bukunya ‘Algorithms to Live By: The Cimputer Science of Human Decisions’. Tom dan Brian ‘menghitung’ usia ideal untuk menikah berdasarkan algoritma matematika.
Seperti dilaporkan Mirror, penghitungan algoritma menyebut ketika seseorang telah mencapai 37 persen dari seluruh tahapan menyelesaikan atau menjalani sesuatu dalam jangka waktu tertentu, maka itulah saat terbaik untuk membuat keputusan. Termasuk keputusan untuk menikah.

Intinya, jika rata-rata orang mencari jodoh mereka di antara usia 18-40, maka 26 adalah usia yang paling ideal. Sebab di usia tersebut dia sudah 37 persen melewati rentang waktu 22 tahun.

Menurut teori itu lagi, jika menikah di usia lebih muda atau tua dari 26 tahun, maka pasangan akan melalui terlalu banyak perdebatan. Alhasil pernikahan pun sulit langgeng dan awet.

Namun teori lain menyebutkan hal berbeda. Sosiolog Nicholas H. Wolfinger dari University of Utah menemukan teori bahwa usia paling ideal untuk menikah antara 28 – 32 tahun. Yakni 45 persen dari rentang 22 tahun. Usia tersebut dikatakan paling ‘aman’ untuk mencegah perceraian.

Perlu digarisbawahi, para jomblo tidak perlu cemas jika di usia melewati 26 tahun belum juga menemukan pasangan atau menikah. Sebab usia tidak selalu menentukan tingkat keberhasilan pasangan dalam mengalami bahtera rumah tangga.

Menikahlah ketika secara mental dan finansial sudah merasa siap dengan pasangan yang tepat. Bukan karena faktor usia apalagi tuntutan orang lain. (*/Raden/walipop)