Ini Prosedur Isoman di Rumah bagi Pasien Positif Covid-19 dari Kemenkes RI

26
Isoman
Ilustrasi Isolasi Mandiri. (Foto: Halodoc).

EKBISBANTEN.COM – Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) mengeluarkan panduan prosedur Isolasi mandiri di rumah bagi pasien positif Covid-19.

Hal itu dilakukan agar isoman dapat berjalan dengan efektif dan optimal. Kendati demikian, prosedur isoman di rumah ini hanya diperuntukkan bagi pasien Covid-19 yang memiliki gejala ringan (simptomatik) atau tanpa gejala (asimptomatik).

Sementara untuk pasien bergejala sedang hingga kritis diwajibkan dirawat di Rumah Sakit.

Berikut prosedur isolasi mandiri di Rumah dikutip dari laman Kemenkes RI:

  1. Selalu memakai masker

Prosedur isolasi mandiri di rumah yang pertama adalah pasien wajib memakai masker. Hal ini dilakukan untuk melindungi keluarga atau hewan peliharaan yang berada di rumah dari paparan Covid-19 termasuk Omicron.

  • Tidak keluar rumah

Apabila pasien memiliki gejala, seperti flu, batuk, dan demam dianjurkan untuk tetap berada di dalam rumah. Jangan pergi ke luar rumah, seperti ke sekolah, ke pasar, ke kantor, ataupun ke ruang publik lainnya untuk mencegah penyebaran.

  • Manfaatkan fasilitas telemedicine

Prosedur isolasi mandiri di rumah berikutnya, yaitu manfaatkan fasilitas telemedicine atau sosial media kesehatan, serta hindari transportasi publik. Beritahu dokter dan perawat tentang gejala dan keluhan, serta riwayat bekerja ke daerah terjangkit atau kontak dengan pasien Covid-19.

  • Gunakan kamar terpisah

Menggunakan kamar terpisah termasuk sebagai salah satu prosedur isolasi mandiri di rumah bagi pasien Covid-19. Selain itu, wajib juga menjaga jarak 1 meter dari anggota keluarga lainnya.

  • Selalu mengecek kondisi dan hindari pemakaian barang yang sama

Dianjurkan untuk selalu cek suhu harian dan amati gejala yang dikeluhkan, seperti batuk atau sesak napas. Dilarang untuk berbagi barang-barang rumah, seperti cangkir handuk, dan peralatan makan.

  •  Tetap menerapkan pola hidup sehat dan bersih

Prosedur isolasi mandiri di rumah berikutnya, pasien dianjurkan menerapkan pola hidup yang sehat, seperti makan yang bergizi dan penuh serat. Jangan lupa rutin mencuci tangan dengan sabun dan air, serta lakukan etika saat batuk dan bersin.

  • Jaga kebersihan rumah

Dianjurkan membersihkan rumah dengan cairan desinfektan untuk membasmi virus yang menempel di dinding atau di tempat lainnya. Usahakan juga untuk berjemur di bawah sinar matahari setiap pagi minimal 15 hingga 30 menit.

  • Segera hubungi faskes apabila gejala yang dialami semakin buruk

Prosedur isolasi mandiri di rumah selanjutnya, yaitu wajib menghubungi fasilitas pelayanan kesehatan apabila mengalami perburukan gejala, seperti sesak napas dan demam tinggi. Hal ini berguna untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

Itulah beberapa prosedur yang dapat dilakukan saat melakukan isoman di rumah. Jangan lupa untuk tetap menerapkan prokes agar keluarga dan orang-orang di sekitar terlindungi dari Covid-19 ya.***