Sabtu, 13 Juli 2024
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Ini Pendapat Ahli Gizi Soal Makan Mi Instan Pakai Nasi

and

| 5 Mei 2023

| 19:25 WIB

Mi Instan pakai nasi
Makan mie instan pakai nasi. (FOTO: ISTOCKPHOTO.COM).

EKBISBANTEN.COM – Hampir setiap orang Indonesia pasti pernah melakukan makan mi instan dengan nasi putih. Kendati demikian, apakah makan nasi dengan mi instan menyehatkan? Simak penuturannya berikut ini.

Seperti dilansir dari Kompas, dr. Samuel Oetoro menyatakan bahwa mi instan ialah produk olahan tepung yang mengandung karbohidrat begitu pula nasi yang mengandung zat yang sama. Bila keduanya dikonsumsi bersamaan, gula darah akan naik pesat.

Selain itu, menurut ahli gizi di MRCCC Siloam Semanggi ini, kebiasaan makan mi instan dan nasi hanya akan mengisi tubuh dengan karbohidrat yang terdapat pada karbohidrat, dan karbohidrat tersebut akan diubah menjadi gula.

Karena hal tersebut, tubuh manusia akan kekurangan nutrisi lain seperti mineral, protein, vitamin dan lemak.

BACA JUGA: Wajib Dicoba! 6 Makanan Pembangkit Mood

Jika Sobat suka mengonsumsi mi instan campur nasi putih, maka risiko diabetes akan lebih besar.

“Penyakit yang akan cepat datang contohnya diabetes, dan lainnya yang berkaitan dengan gula darah,” katanya.

Oleh karena itu, dr. Samuel menyarankan agar tidak makan mi instan dengan nasi putih. Sekalipun tidak dapat menerapkannya secara langsung karena telah kecanduan, cobalah untuk menguranginya.

Dikutip dari Healthline, makan mi instan dengan nasi juga dapat memicu kerusakan hati. Hal ini terjadi karena kabohidrat berlebih akan menjadi zat lain, seperti lemak jahat yang akan menumpuk di hati.

Nah, lemak jahat ini juga bisa berubah menjadi lemak jenuh yang akan menambah lingkar perut, sehingga membuat perut buncit.

BACA JUGA: Hati-hati, Ini 4 Makanan yang Bisa Sebabkan Halusinasi

 Selain itu juga akan membuat tekanan darah tinggi karena mi instan mengandung natrium yang meningkatkan tekanan darah.

Jika kalian terus menerus mengonsumsi nasi dan mi instan dalam waktu lama, hal itu dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular.

Adapun untuk mengatasi kecanduan makan mi instan dengan nasi, Sobat dapat menikmati mi dengan  mencampur sayur, daging atau telur.

Meski tidak sepenuhnya menyehatkan, setidaknya ada beberapa bahan yang bisa diolah dengan cepat di dalam tubuh dan pastinya mengenyangkan.***

Editor :Rizal Fauzi

Bagikan Artikel

Terpopuler_______

Scroll to Top