Ini Keistimewaan Mengamalkan Surat Al-Mulk

57
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

EKBISBANTEN.COM – Kitab Suci Alqur’an merupakan petunjuk sekaligus pedoman hidup bagi umat muslim. Sehingga setiap muslim dianjurkan untuk membaca, menghayati dan mengamalkan surat-surat yang terkandung di dalam Kitab Suci Alqur’an. Karena seluruh surat dan ayat-ayat Suci Alqur’an memiliki keistimewaan.

Salah satunya Surat Al-Mulk yang memiliki keistimewaan dapat menghapus dosa dan menjadi penolong atau penghalang dari siksa kubur kelak.

Surat Al-Mulk dianjurkan dibaca sebelum tidur sehingga yang membacanya bisa mendapatkan keistimiwaan tersendiri.

Baja Juga : Kumpulan Doa-doa Agar Bisnis dan Rezeki Melimpah Luas

Surat Al-Mulk tergolong Surat Makkiyah yang merupakan surat ke 67 dengan jumlah 30 ayat. Dalam bahasa Indonesia, Al-Mulk mempunyai arti kerajaan atau kekuasaan.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut adalah keistimewaan membaca dan mengamalkan surat Al-Mulk agar mendapatkan rida-Nya:

  1. Dosanya diampuni oleh Allah SWT

Dari Abu Huroiroh, Rasulullah bersabda :
“Ada surat dari Alqur’an yang terdiri dari 30 ayat, surat tersebut dapat memberikan syafa’at bagi orang yang banyak membacanya sehingga orang tersebut diampuni dosanya, yaitu : Surat Tabarokalladi bi yadihil mulk.” (HR. Abu Dawud dengan redaksinya, diriwayatkan pula oleh at-Tirmidzi dan yang lainnya).

Hadist tersebut shohih dan telah dishohihkan oleh Ibnu Hibban, Al-Hakim, dan Adz-Dzahabi, sedangkan at-Tirmidzi dan Albani menghasankannya).

Dari hadist tersebut dijelaskan bahwa dengan membaca surat AL-Mulk, seorang muslim akan mendapatkan syafa’atnya serta diampuni dosa-dosanya oleh Allah SWT.

  1. Nabi sangat senang jika surat Al-Mulk dibaca dan diamalkan

Selain melalui shalawat, Nabi Muhammad SAW juga sangat senang jika surat Al-Mulk sering dibaca dan diamalkan isinya sehingga mampu memberikan ketentraman hati bagi pembacanya. Seperti sabda Nabi Muhammad SAW yang artinya :
“Saya gemari supaya surat ini (Tabarokalladzi bi yadihil mulk) terdapat di setiap orang mukmin’’ (HR. Al Hakim).

  1. Terhindar dari siksa kubur dan siksa neraka

Dari Abdulloh bin Mas’ud mengatakan :
“Barang siapa yang membaca surat Tabarokalladzi bi yadihil mulk setiap malam, maka Allah SWT menghindarkan dari adzab kubur, dan dahulu kami (para sahabat) disaat Rasullullah SAW (masih hidup) menemaninya “al-Mani’ah’’ (penghindar/penghalang). Sungguh surat tersebut adalah kitabulloh, barang siapa membacanya dalam suatu masalah, makai ia telah banyak berbuat kebaikan.” (HR. Nasa’i dengan redaksinya, diriwayatkan pula oleh al-Hakim dan ia mengatakan : sanadnya shohih, dan dihasankan oleh Albani)

Hadist tersebut memberika keterangan bahwa seseorang muslim memperbanyak membaca surat Al-Mulk maka akan dihindarkan dari siska kubur dan siska nereka yang amat pedih.

Baca Juga: Kumpulan Doa Mohon Ampun dari Ayat Al Quran

  1. Dimasukkan ke surga

Anas bin Malik mengatakan, Rasulullah bersabda :
“Ada surat Alqur’an, ia hanya terdiri dari 30 ayat, surat tersebut dapat membela ‘temannya’ sehingga memasukannya ke surga, yaitu : Surat Tabarok.” (HR. Thobaroni dalan Mu’jamul Ausath, dan dihasankan oleh Albani dalam Shohihul Jami’)

  1. Jauh dari maksiat

Dijelaskan oleh Syaikh As Sa’di :
“Mereka takut pada Allah dalam setiap keadaan sampai-sampai pada keadaan yang tidak ada yang mengetahui amalan mereka kecuali Allah SWT. Mereka tidak melakukan maksiat dalam kesunyian. Mereka pun tidak mengurangi ketaatan mereka Ketika itu.”

Bacq Juga : Mantan General Manager Jawa Pos Group Buka Kafe di Kota Serang, Tempatnya Asyik Untuk Kongkow

  1. Allah SWT akan menetapkan 30 kebaikan. 30 ampunan kejelekan dan ditinggikan 30 derajat

Setiap manusia pasti menginginkan ampunan dari Allah SWT dan kebaikan bahkan pada saat kita sedang istirahat. Ampunan dan kebaikan akan kita dapatkan apabila rutin membaca surat Al-Mulk sebelum tidur. Bahkan selainan ampunan dan kebaikan Allah akan menaikan derajatnya masing-masing 30 kebaikan, 30 ampunan.

Keistimewaan lainnya surat Al-Mulk bagi pembacanya, akan mendapatkan naungan malaikat, dan menolak siksa kubur dan mahsyar. Dari Ibnu Abbas ra. bahwa ia berkata : Rasullullah SAW bersabda yang artinya :

“Bahwasannya aku tidak menjumpai di dalam kitab Allah SWT suatu surat yang terdiri dari 30 ayat. Barangsiapa membacanya ketika akan tidur, maka dengan pembacaan itu Allah SWT menetapkan 30 kebaikan baginya, dihapuskan 30 kejelekannya, ditingkatkan baginya 30 derajat, dan Allah SWT mengutus seorang malaikat dari para malaikat untuk mengembangkan sayapnya untuknya dan menjaganya dari kejahatan sehingga ia bangun. Surat ini dapat menolak siksa kubur dan mahsyar, yaitu “Tabarokalladzi bi yadihil mulk”. (HR. Ad Dailami)

  1. Mampu memberikan syafa’at pada hari kiamat

Selain mampu menyelamatkan dari siksa kubur, memberikan ampunan, dan menetapkan kebaikan dan menghilangkan kejelekan bagi pembacanya. Surat Al-Mulk juga memberikan syafa’at pada hari kiamat dan mengeluarkan pembacanya dari neraka kemudian dimasukkan ke surga. Sebagaimana hadist dari Abu Hurairah ra. bahwasannya Rasullullah SAW bersabda yang artinya :

“Bahwasannya satu surat dari kitab Allah SWT yang isinya 30 ayat, dapat memberikan syafa’at pada seseorang pada hari kiamat, mengeluarkannya dari neraka dan memasukannya ke surga yaitu ‘Tabarok’.” (HR. Abu Dawud dan at-Tirmidzi, dan Beliau menghasankannya juga dihasankan oleh Al-Albani dalam Shahih Al-Jami’)

Itulah keistimewaan surat Al-Mulk, setelah kita mengetahui mari kita secara perlahan belajar secara rutin membaca serta mengamalkan isi kandungan surat Al-Mulk agar mendapatkan syafa’at dari-Nya.

(mg-mira/ismet)