Indosat Ooredoo Catat Kenaikan Trafik Data 10 Persen Selama Lebaran 2021

20
Foto: Indosat Ooredoo

SERANG, EKBISBANTEN.COM – Indosat Ooredoo kembali mencatat kenaikan trafik layanan data 10 persen selama Lebaran 2021 ditunjang kebiasaan baru bersilaturahmi secara virtual.

Kenaikan trafik data ini paling banyak terjadi di wilayah Aceh, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Kenaikan trafik data ini diimbangi dengan kinerja jaringan 4G berkualitas video yang tetap terjaga selama masa Lebaran tahun ini.

Director and Chief Operating Officer Indosat Ooredoo Vikram Sinha mengatakan, semakin meningkatnya kebutuhan telekomunikasi masyarakat Indonesia khususnya di layanan data telah diantisipasi Indosat Ooredoo sejak awal tahun melalui penambahan kapasitas jaringan, pembangunan site baru, serta fiberisasi jaringan 4G berkualitas video miliknya.

“Dampaknya adalah lonjakan kenaikan trafik data selama masa Lebaran tahun ini berhasil diimbangi dengan kualitas layanan prima. Hal ini ditunjukkan dengan kecepatan unduh rata-rata menjadi 9 persen lebih cepat dibandingkan hari biasa,” kata Vikram Sinha dalam keterangan tertulis, Senin (17/5).

Di sisi lain kualitas layanan telekomunikasi dasar lainnya seperti telepon dan SMS tetap dijaga di level tertinggi. Hal ini dibuktikan dengan jumlah pengaduan pelanggan yang masuk ke call center dan kanal pelayanan digital Indosat Ooredoo turun 37 persen di masa Lebaran tahun ini. Lebih dari 90 persen tiket pengaduan berhasil diselesaikan kurang dari 24 jam.

Jumlah pengguna aktif aplikasi myIM3 juga naik sebesar 8 persen dibandingkan hari biasa. Pelanggan Indosat Ooredoo pun tetap bisa menikmati pengalaman berkomunikasi yang lancar di jaringan 4G berkualitas video meskipun terjadi tren peningkatan trafik khususnya data, yang diprediksi akan tetap tinggi di masa cuti dan liburan sekolah dalam seminggu kedepan.

“Kami berkomitmen kualitas jaringan, produk, dan layanan Indosat Ooredoo akan tetap optimal untuk mendukung aktifitas #SilaturahmiTanpaHenti masyarakat Indonesia meskipun dilakukan secara virtual,” katanya.

Ditunjang dengan data statistik di masa Ramadan dan Lebaran sebelumnya, Indosat Ooredoo berhasil mengantisipasi kenaikan trafik data di masa Lebaran tahun ini khususnya di wilayah Aceh, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Tim Indosat Ooredoo Network Operation Center (INOC) dan Indosat Ooredoo Service Operation Center (ISOC) yang tergabung dalam Command Center sejak H-4 Lebaran mencatat masyarakat yang tinggal di Aceh, Banjarnegara, Cianjur, Cirebon, Jember, Kisaran Tebing Tinggi, Madura, Pati, Serang, dan Tegal sangat aktif memanfaatkan layanan data Indosat Ooredoo yang kualitasnya dipantau terus-menerus selama 24 jam sehari.

Peningkatan trafik telekomunikasi dan pergerakan mobilitas pelanggan yang dinamis juga mampu diantisipasi oleh Indosat Ooredoo melalui penerapan model operasi digital berbasis Artificial Intelligence dan otomatisasi yang diimplementasikan sejak tahun lalu.

Tercatat pemakaian layanan mobile gaming naik sebesar 90 persen, media sosial naik 26%, messaging dan video call naik 21%, serta streaming video dan music naik 1%. Penggunaan aplikasi TikTok, Instagram, dan WhatsApp pun meningkat tajam selama masa Lebaran tahun ini, termasuk pemakaian aplikasi permainan daring seperti Mobile Legends, PUBG Mobile, dan Free Fire.

“Keberhasilan menjaga kualitas layanan telekomunikasi di masa Lebaran tahun ini menjadi semakin spesial bagi kami. Video kampanye Ramadan IM3 Ooredoo, Bulan Yang Baik (feat. Sal Priadi), dinobatkan menjadi salah satu iklan Ramadan 2021 terbaik se-Asia Pasifik di platform YouTube. Ini merupakan penghargaan ketiga kami di kategori yang sama selama 3 semester berturut-turut. Pencapaian ini menunjukkan bagaimana Indosat Ooredoo mampu menjangkau hati pelanggannya lebih dalam dan menyentuh ratusan juta rakyat Indonesia melalui produk dan layanan inovatifnya,” tutup Vikram. (*/ismet)