Jumat, 21 Juni 2024
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Idap Penyakit Jantung, Erna Sari Lega Seluruh Biaya Berobat Ditanggung BPJS Lewat Program JKN

Esih Yuliasari

| 16 Mei 2024

| 08:00 WIB

Peserta BPJS Kesehatan
Salah satu peserta yang turut merasakan manfaat program JKN dari BPJS Kesehatan, Erna Sari (53).

SERANG, EKBISBANTEN.COM – Kehadiran program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang diselenggarakan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan dinilai sangat membantu masyarakat. Khususnya, bagi mereka yang kesulitan mengakses layanan kesehatan karena terhalang anggaran atau biaya.

Salah satu peserta yang turut merasakan manfaat program JKN yaitu Erna Sari (53), warga Graha Dalung Residence, Kota Serang yang didiagnosa mengidap penyakit jantung. Ia merasa terbantu karena program JKN meringankan biaya berobat yang tergolong tidak murah.

Erna Sari pun membagikan pengalamannya melakukan pengobatan dengan layanan program JKN. Ia mengungkapkan awal mula didiagnosa memiliki penyakit jantung. Di mana dirinya sedang melaksanakan upacara namun kemudian pingsan.
“Saat itu, saya langsung dilarikan ke Rumah Sakit Kencana Serang. Setelah diperiksa didiagnosis penyakit jantung. Karena tidak ada alatnya, saya dirujuk ke RSPAD Gatot Soebroto saat itu,” ungkapnya.

Di rumah sakit bertipe A tersebut dirinya mendapatkan tindakan operasi ablasi jantung. Setelah selesai operasi, karena satu dan lain hal Erna Sari kembali dirujuk ke Rumah Sakit Harapan Kita. “Alhamdulillah kondisi saya sudah agak membaik sehingga saat ini saya menjalani berobat jalan, kontrol rutin setiap bulan ke Rumah Sakit Kencana Serang,” jelasnya.

Erna Sari yang sudah terdaftar JKN sejak tahun 2015 itu mengaku tidak mengeluarkan uang sepeserpun untuk membiayai pengobatan dirinya yang dinilai relatif mahal tersebut. “Alhamdulillah ya, tidak ada biaya sama sekali. Operasi, semua obat, lab, dan lain sebagainya itu ditanggung. Sudah include dari penjaminan BPJS,” ujarnya.

Lebih lanjut, Erna Sari menuturkan meski tidak mengeluarkan uang, ia merasa pelayanan yang diberikan juga sangat baik. Untuk itu, dirinya berharap agar program JKN terus ada dan jangan sampai ditiadakan.

“Alhamdulillah ada BPJS sangat kebantu. Jadi jangan sampai JKN ini ditiadakan, karena sangat berdampak negatif. Kalau tidak ada BPJS, kami sakitnya gimana? Masyarakat golongan ekonomi menengah ke bawah pasti sangat keberatan. Tapi kalau program JKN dan BPJS tetap ada, bagus sekali sangat membantu,” pungkasnya.

Editor :Rizal Fauzi

Bagikan Artikel

Terpopuler_______

Scroll to Top