HPDKI Pandeglang Siap Jadi Lumbung Ternak Domba dan Kambing

15

PANDEGLANG, EKBISBANTEN.COM – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Himpunan Pengusaha Domba Kambing Indonesia (HPDKI) Pandeglang optimistis mampu memenuhi stok kebutuhan ternak domba dan kambing di Kabupaten Pandeglang.

Ketua DPC HPDKI Pandeglang Entang Mulyana mengatakan, saat ini kebutuhan daging khususnya hewan ternak domba dan kambing di Pandeglang mulai bisa terpenuhi oleh produksi peternak dari Pandeglang.

“Bahkan, kita tidak lagi mensuplai domba dan kambing dari luar seperti Garut dan Bandung. Insya Allah dalam satu tahun ini kita bisa produksi ternak sendiri,” kata Entang kepada ekbisbanten.com di Desa Cicadas RT 5 RW 7 Kecamatan Pandeglang, Sabtu (8/1).

Saat ini, kata Entang, jumlah anggota HPDKI di Pandeglang ada sebanyak 80 peternak yang tersebar diberbagai wilayah seperti Panimbang dan sekitarnya.

“Alhamdulillah, minat terhadap domba khusunya domba garut mulai diminati oleh masyarakat, karena memang umur 7 bulan pun sudah bisa diperjual belikan karena bobot pertumbuhannya cepat,” imbuhnya.

Selain itu, Entang yang juga pemilik Padepokan Aki menyediakan paket kambing dan domba untuk akikah, dengan harga mulai dari Rp2-7 juta per ekor.

“Kita juga menjual domba tangkas untuk kompetisi. Dalam sebulan omset yang bisa diraup dikisaran Rp15-20 juta,” ucapnya.

Masih kata Entang, peran pemerintah daerah Kabupaten Pandeglang khususnya Dinas Pertanian dan Peternakan sangat baik karena sering memberikan pembinaan terhadap para peternak.

“Biasanya 3 bulan sekali ada pengecekan kesehatan hewan dari dinas terkait. Kedepan kita juga akan melakukan ternak untuk sapi perah di kawasan Gunung Karang,” tutup Entang. **