Hotel Aston Anyer Makin Ramah Wisatawan Difabel

52
Foto: Dok. Hotel Aston Anyer

SERANG, EKBISBANTEN.COM – General Manager Hotel Aston Anyer dan Cilegon Doddy Fathurahman mengungkapkan, telah menyiapkan alat bantu fisik (ABF) bagi penyandang disabilitas (Difabel). Alat yang disiapkan berupa kursi roda hingga water wheel yang bisa digunakan untuk berenang di pesisir pantai.

“Alat ini adalah satu hal yang menarik yang akan kita launching di Januari 2022. Dan ini sejalan dengan program pemerintah bagi kaum difabel. Jadi Aston Aner ingin menjadi hotel yang paling pertama menyiapkan fasilitas water wheel,” kata Doddy pada acara Economic Outlook 2022 yang digelar Kelompok Kerja Wartawan Ekonomi Bisnis dan Priwisata (Ekbispar) Provinsi Banten di Hotel Aston Anyer, Selasa (14/12/2021).

Ketua Harian PHRI Kabupaten Serang ini mengatakan, alat bantu bagi kaum difabel tersebut didatangkan lagsung dari Negeri Kanguru, yakni Australia. Tujuannya, untuk memberikan pengalaman berbeda saat menginap dan berlibur di hotel kawasan Pantai Anyer. Sehingga wisatan khususnya kaum difabel lebih asyik menikmati keindahan Pantai Anyer.

BACA JUGA: Kabar Baik, Hotel Aston Akan Segera Hadir di Kota Serang

“Jadi water wheel ini bukan untuk dipake sebagai main-main dan rekreasi tapi ini kita gunakan untuk rekan-rekan atau tamu kami yang mempunyai keterbatasan berjalan yang menggunakan kursi roda, termasuk ibu-ibu hamil dan orang tua. Ini bisa dipakai untuk dipantai, berenang dan anti karat. Sehingga penggunanya bisa kita arahkan ke laut dan bisa mengambang saat di laut,” katanya.

“Setelah ada yang mencoba ini bukan sekedar penyiapan fasilitas biasa dari kami. Tapi ini lebih kepada experiance atau pengalaman berbeda. Mungkin bagi kita orang normal, main ke pantai tentu pengalaman biasa saja, tapi bagi kaum difabel yang selama ini hanya bisa melihat dari jauh, dengan adanya water wheel ini akan mendapatkan pengalaman terbaru. Dan tentu ini akan sangat-sangat menyentuh hari bagi para difabel termasuk keluarganya,” kata Doddy.

Lebih lanjut Doddy mengatakan, terkait penyiapan alat bantu bagi kaum difabel tersebut, pihaknya mengaku telah menyampaikan kepada Bupati Serang Hinga Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Ekonomi Kreatif Republisk Indonesia.

BACA JUGA: 2022, BI Pede Ekonomi Banten Tumbuh 5,5 Persen

“Untuk itu rencananya, penyediaan alat ini akan kami launching pada Januari 2022 dan pihak kami juga secara pribai sudah mengundang Bapak Sandiaga Salahudin Uno untuk melaunching nantinya. Termasuk kami juga secara institusi mengundang Bupati Serang dan Gubernur Banten. Karena ini akan menjadi yang pertama di Banten dan Indonesia. Terlebih penyediaan alat ini sejalan dengan pemerintah bagi kaum difabel,” pungkasnya.***