Honda Banten Ajak Wartawan Utamakan Keselamatan Berkendara

27

SERANG, EKBISBANTEN.COM – PT Mitra Sendang Kemakmuran (MSK) selaku main dealer sepeda motor Honda Banten mengajak wartawan/jurnalis di Banten untuk mengutamakan keselamatan berkendara saat di jalan raya.

Demikian diungkapkan Safety Riding (SR) Instructor MSK Honda Banten Opan Sopandi pada acara Economic Outlook 2022 yang digelar Kelompok Kerja Wartawan Ekonomi Bisnis dan Priwisata (Ekbispar) Provinsi Banten di Hotel Aston Anyer, Selasa (14/12/2021).

“Karena 90 persen faktor kecelakaan itu terjadi dari kesalahan manusia,” jar Opan Sopandi saat menyampaiakan sosialisasi safety riding kepada puluhan wartawan.

Selain faktor manusia, kecelakaan di jalan raya terjai akibat faktor lingkungan dan kendaraan yang tidak layak untuk gunakan bekerja maupun berkaktivitas lainnya.

“Faktor lingkungan itu bisa kondisi jalan rusak. Itu bisa juga mempengaruhi terjadina kecelakaan,” katanya.

Sedangkan untuk faktor kendaraan lanjut Opan, kecelakaan terjadi lantaran pengendaran tidak rajin mengecek sepeda motor. Mulai ban yang gundul, rem blong, hingga kanvas rem dan oli habis.

“Untuk itu, sebelum beraktivitas, disarankan mengecek terlebih kendaraan yang akan kita gunakan. Karena kalau terjadi kecelakaan bukan hanya kehilangan materi tapi juga terancam kehilangan nyawa.

“Jadi bukan hanya rugi materi, tapi bisa kehilangan pekerjaan, cacat fisik hingga meninggal dunia,” katanya.***