HMI Tagih Aksi Nyata Pemerintah Indonesia Bela Rakyat Palestina

40
Belasan mahasiswa Banten yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Islam Majelis Penyelamat Organisasi (HMI MPO) Cabang Serang menggelar aksi teatrikal kekerasan tentara zionis Israel kepada warga Palestina di depan Kantor Bupati Serang, Senin (17/5). Dalam aksi tersebut, Mahasiswa juga membakar bendera Israel sebagai bentuk protes kepada Negara Israel atas pelanggaran HAM yang terjadi di Palestina Foto: Abdul Rohman / EKBISBANTEN.COM

SERANG, EKBISBANTEN.COM – Empat warga Palestina disiksa zionis tentara Israel di sepanjang jalanan protokol Kota Serang, Senin (17/8). Selain memukul dan menendang warga Palestina dengan penuh keji, Tentara Israel secara brutal menyiksa warga Palestina.

Namun, aksi tersebut hanya sebuah teatrikal yang dilakukan oleh belasan mahasiswa Himpunan Mahasiswa Islam Majelis Penyelamat Organisasi (HMI MPO) Cabang Serang sebagai bentuk kecaman dan protes terhadap penyerangan zionis Israel terhadap warga Palestina.

Aksi teatrikal penyiksaan tersebut dimulai dari depan Kampus Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Maulan Hasanudin (SMH) Banten hingga di depan Kantor Bupati Serang.

Berdasarkan pantauan wartawan di lokasi, selain menggelar teatrikal kekejaman tentara Israel kepada warga Palestina, HMI MPO Cabang Serang juga melakukan penggalangan dana bagi warga Palestina.

Koordinator Aksi Walinegara mengatakan pihaknya mengecam penyerangan yang dilakukan oleh Israel terhadap Palestina. Kata dia, penyerangan tersebut merupakan kejahatan kemanusiaan.

“Apapun alasan yang disampaikan oleh Israel, penyerangan terhadap Palestina sangat tidak bisa diterima oleh kemanusiaan,” ujarnya di sela-sela aksi teatrikal, Senin (17/5).

Ia juga mempertanyakan sikap dari pemerintah Indonesia dan pemimpin negara-nehara Islam di dunia yang mayoritas memiliki penduduk Muslim. Kata dia, hingga saat ini tidak ada tindakan yang nyata untuk mendukung kemerdekaan Bangsa Palestina.

“Sejauh ini yang ada hanyalah pernyataan semata. Namun belum ada tindakan nyata dari para pemimpin negara Islam dan negara yang mayoritas beragama Islam seperti Indonesia ini,” ujarnya.

Ia mengharapkan dengan aksi tersebut dapat memberikan pemahaman dan sikap solidaritas kepada masyarakat Indonesia khususnya warga Kota Serang, bahwa perdamaian dan pembebasan Palestina harus disokong oleh seluruh pihak.

“Tak akan ada perdamaian dan pembebasan Palestina jika kita semua hanya berdiam diri saja. Segala bentuk dukungan akan sangat berarti untuk saudara-saudara kita di Palestina. Untuk dana yang telah kami kumpulkan, akan disalurkan melalui Aksi Cepat Tanggap (ACT) Serang Raya,” katanya.

Sementara itu, Branch Manager ACT Serang Raya Ais Komarudin menyampaikan apresiasinya terhadap HMI MPO Cabang Serang dan masyarakat Kota Serang, yang telah mempercayakan bantuan untuk warga Palestina kepada ACT.

“Bukan soal berapa yang kita berikan kepada saudara kita di Palestina. Tapi bagaimana kehadiran kita atas penderitaan saudara kita di Palestina. Karena mereka (warga Palestina) bukan merindukan uang kita, tapi kehadiran dan keberpihakan kita atas apa yang menimpa mereka,” tandasnya. (Red)