Hidupkan Kembali Tradisi, Warga Ciwaduk Gede Gelar ‘Sangoan’ Sepanjang 250 Meter

Ciwaduk Gede
Ratusan warga Lingkungan Ciwaduk Gede tengah duduk berjajar sembari menikmati hidangan makanan yang dibawa dari rumah masing-masing. (Foto: Maulana/Ekbisbanten.com)

CILEGON, EKBISBANTEN.COM – Warga Lingkungan Ciwaduk Gede, Kelurahan Ciwaduk, Kecamatan Cilegon, Kota Cilegon menggelar makan bersama atau sangoan sepanjang 250 meter.

Acara makan bersama atau sangoan yang diikuti sekitar 500 warga ini digelar dalam rangka menutup perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke 78 tahun di Lingkungan Ciwaduk Gede.

Ketua Pelaksana, Afsohullisan mengatakan   acara makan bersama atau sangoan ini merupakan ungkapan rasa syukur dan untuk mempererat silaturahmi antar warga Ciwaduk Gede. Terlebih, acara makan bersama atau sangoan ini sudah puluhan tahun tidak diselenggarakan.

“Kita dari panitia Agustusan ini punya rencana seperti ini tujuannya untuk mempererat silaturahmi antar warga Ciwaduk Gede dan untuk memunculkan kembali budaya ini. InsyaAllah bisa terselenggara per setiap tahunnya,” katanya, Sabtu (26/8/2023).

Afsohullisan yang akrab disapa Aaf itu menjelaskan, acara makan bersama itu dinamakan sangoan lantaran warga membawa makanannya masing-masing dari rumah.

Hal ini berbeda dengan istilah bacakan yang notabene proses memasak makanannya hingga dikonsumsi dilakukan secara bersama-sama.

“Sangoan itu kaya kita bawa makanan masing-masing dari rumah kita, terus kita makan bareng, jadi tuker makanan. Jadi ada warga yang bawa ikan asin, sambal, ayam goreng nah kita bisa saling tukar makanan. Itu bedanya dengan bacakan,” ujarnya.

Editor :Rizal Fauzi

Tags

Bagikan Artikel

Berita Terkait

Scroll to Top