Harga Ikan Bandeng di Pasar Induk Rau Masih Normal, Pedagang: Biasanya H-3 Imlek Melonjak Naik

29
Ikan bandeng
Ikan bandeng di Pasar Induk Rau Kota Serang. (FOTO: ESIH/EKBISBANTEN.COM).

KOTA SERANG, EKBISBANTEN.COM – Salah satu makanan yang wajib ada dalam perayaan Tahun Baru China atau Imlek adalah ikan bandeng. Meskipun berduri banyak, ikan bandeng ternyata memiliki makna yang baik.

Karenanya, tidak heran ikan bandeng banyak dibeli jelang Imlek sebagai hidangan saat perayaan Tahun Baru masyarakat Tionghoa itu. Diketahui, perayaan Imlek 2574 Kongzili sendiri akan jatuh pada 22 Januari 2023.

Saat Ekbisbanten.com memantau harga ikan di Pasar Induk Rau, Kota Serang, Pedagang ikan di sana memperdiksi harga ikan bandeng akan melonjak naik saat tiga hari menjelang Imlek.

Hal itu salah satunya dikatakan oleh seorang pedagang ikan, Marwan (52). Ia menyebut harga ikan bandeng saat ini masih berada pada harga normal. Kendati demikian, harga ikan bandeng tersebut diprediksi akan meningkat saat 3 hari jelang Imlek.

“Sekarang belum ada peningkatan, biasanya tiga hari jelang Imlek baru naik,” katanya, Jumat (13/1/2023).

Ia menuturkan harga ikan bandeng yang berukuran besar dan selalu jadi incaran warga masih dibanderol dengan di harga Rp30.000 per kilogram. Tetapi menjelang Imlek, harganya bisa mencapai Rp50.000 per kilogram.

“Ya, sekarang di kisaran Rp30.000 tapi nanti bisa lebih dari itu,” pungkasnya.***