Jumat, 19 Juli 2024
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Harga Cabai Makin Pedas Jelang Ramadan, Ini Strategi yang Disiapkan Bapanas

Esih Yuliasari

| 22 Februari 2024

| 15:00 WIB

Cabai
Cabai merah menjadi komoditas penyumbang inflasi tertinggi di Banten pada Oktober 2023. (FOTO: ESIH/EKBISBANTEN.COM).

EKBISBANTEN.COM – Badan Pangan Nasional (Bapanas) saat ini telah menyiapkan strategi untuk mengendalikan harga cabai yang melonjak jelang Ramadan.

Diketahui, harga cabai sendiri terus mengalami tren menanjak dalam beberapa hari usai Pemilihan Umum (Pemilu) 14 Februari 2024 lalu.

Berdasarkan pantauan Ekbisbanten.com, harga cabai merah keriting dan cabai rawit merah di kalangan pedagang ecer di wilayah Kota Serang saat ini berada di kisaran Rp85.000 – Rp95.000 per kilogram.

Melansir data Panel Harga Pangan Bapanas, rata-rata harga cabai merah keriting secara nasional hari ini di level Rp65.900 per kilogram atau naik 20,5% dari harga sepekan sebelumnya (14 Februari 2024) sebesar Rp54.660 per kilogram.

Begitupun harga cabai rawit merah hari ini sebesar Rp64.030 per kilogram telah naik Rp15.650 atau 31,9% dari harga sepekan lalu sebesar Rp49.030 per kilogram.

Kepala Bapanas, Arief Prasetyo Adi mengatakan salah satu strategi yang dilakukan untuk menekan harga cabai yakni dengan pemerataan pasokan cabai di berbagai wilayah.

Ia menjelaskan penyebab harga cabai yang tinggi cenderung terjadi di wilayah yang mengalami defisit stok.

“Akan segera diorganisir, daerah mana yang panennya sedang baik saat ini untuk mengcover daerah yang harganya tinggi karena defisit,” katanya.

Selain itu, Arief berharap para pemerintah daerah (Pemda) juga dapat berperan aktif dalam mengendalikan harga cabai jelang Ramadan.

“Setiap dinas yang berurusan pangan di daerah juga dapat berperan aktif,” pungkasnya.***

Editor :Rizal Fauzi

Bagikan Artikel

Terpopuler_______

Scroll to Top