HAB ke-74, Bupati Pandeglang : Umat Rukun Indonesia Maju

50
Bupati Pandeglang Irna Narulita pada acara Peringatan Hari Amal Bakti (HAB) Ke-74 tingkat Kabupaten Pandeglang, di Alun-alun Pandeglang, Jumat (3/1). (FOTO: ISTIMEWA)

PANDEGLANG, EKBISBANTEN.COM – Bupati Pandeglang Irna Narulita mengatakan, peringatan Hari Amal Bakti (HAB) merupakan tonggak peristiwa penting bagi bangsa Indonesia dalam memperkuat kerukunan antar umat beragama.

“Dimana sebagai warga yang cinta tanah air dapat menjungjung tinggi kaidah dan nilai – nilai kehidupan beragama, “kata Irna saat menjadi Inspektur upacara Peringatan Hari Amal Bakti (HAB) Ke-74 tingkat Kabupaten Pandeglang, di Alun-alun Pandeglang, Jumat (3/1).

Peringayan HAB ini turut dihadiri para tokoh agama, Kepala KUA, para dewan guru madrasah negeri dan swasta, serta para siswa tingkat Ibtidaiyah, Sanawiah dan Aliyah.

Hal tersebut kata Irna, Sejalan dengan tema HAB Kementerian Agama Tahun 2020, “Umat Rukun Indonesia Maju”.

“Maka sudah sepatutnya kita menjadi agen perubahan dalam memperkuat kerukunan antar umat beragama, karena kerukunan antar umat beragama merupakan modal kita bersama dalam membangun negara dan menjaga integrasi nasional, l“ terangnya.

Ia menambahkan Kementerian Agama dalam menjalankan peranya harus selalu hadir untuk melindungi kepentingan agama dan semua pemeluk agama.

“Oleh karena itu saya mengajak kepada seluruh jajaran Kementerian Agama harus bisa mengawal dan mengembangkan peran strategis secara kontekstual ditengah-tengah masyarakat, “tuturnya.

Sementara itu Kepala Seksi Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pandeglang Wawan Sofwan mengatakan, dengan adanya peringatan Hari Amal Bakti ke-74, diharapkan saling menghormati, dan menjaga kerukunan antar umat beragama.

“Dengan harapan kerukunan antar umat beragama di Kabupaten Pandeglang tetap terjaga dengan baik, “kata Wawan.

Masih kata Wawan, pihaknya dalam memperingati hari amal bakti ke-74, telah melakukan berbagai kegiatan, baik di bidang kemanusiaan maupun kesehatan.

” Diantaranya memberikan bantuan untuk korban banjir di kabupaten Lebak, bedah rumah serta mengadakan berbagai lomba di bidang olahraga, “ucapnya.

Dalam kesempatan upacara tersebut di agendakan penyematan Satya lencana karya satya untuk pegawai Kemenag yang sudah mengabdi selam 30 dan 20 tahun. Selain itu juga penyerahan hibah tanah untuk Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Cimanggu, Cikedal, Karang tanjung dan KUA Kecamatan Panimbang. (dewi)