Selasa, 21 Mei 2024
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Gunung Ruang Berstatus Awas, Ini Daftar Lengkap Tingkat Aktivitas Gunung Api di Indonesia

Esih Yuliasari

| 18 April 2024

| 14:18 WIB

Gunung Api di Indonesia
Tingkat aktivitas gunung api di Indonesia. (FOTO: TANGKAPAN LAYAR MAGMA KEMENTERIAN ESDM).

EKBISBANTEN.COM – Gunung Ruang yang terletak di Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara saat ini tengah menjadi sorotan. Pasalnya, gunung berapi kerucut yang menjadi kebanggaan masyarakat Kabupaten Sitaro tersebut meletus beberapa kali dalam dua hari terakhir.

Adapun, erupsi ekspolisif gunung Ruang terakhir terjadi semalam sekitar pukul 21.15 WITA dengan tinggi kolom abu 3.000 meter disertai suara gemuruh dan gempa. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) kemudian resmi menaikkan status Gunung Ruang menjadi level IV atau ‘Awas’ pada Rabu (17/4). Masyarakat dihimbau berhati-hati saat terjadi aktivitas kegempaan.

Dikutip dari laman Magma Kementerian ESDM, Gunung Ruang saat ini menjadi satu-satunya gunung berapi berstatus Awas di Indonesia. Sementara, terdapat 6 gunung berapi berstatus level III atau Siaga dan tersebar di pulau Jawa, Sumatera, Nusa Tenggara, hingga Sulawesi.

Sedangkan terdapat 16 gunung berapi di Indonesia yang dinyatakan level II atau waspada. Selain itu, status gunung berapi level I atau Normal masih tersebar pada 45 gunung api di Indonesia.

Berikut daftar tingkat aktivitas gunung api dari level IV hingga II:

Level IV (Awas)

Editor :Rizal Fauzi

Bagikan Artikel

Scroll to Top