Genjot Sektor Pariwisata, Pandeglang Bakal Bentuk 16 Desa Wisata Tahun ini

63
Dok/ Ekbisbanten.com

PANDEGLANG, EKBISBANTEN.COM – Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Pandeglang, berencana akan membentuk 16 desa wisata di tahun 2022.

Hal tersebut dilakukan guna mendorong sektor pariwisata di desa supaya dapat memaksimal pendapatan asli daerah (PAD).

Plt. Kepala Dispar Kabupaten Pandeglang Ramdani mengatakan, Kabupaten Pandeglang mempunyai banyak destinasi wisata alam maupun buatan, hal tersebut yang menjadi harapan pemerintah, agar desa mempunyai pendapatan selain dari dana desa yang diberikan pemerintah pusat.

“Pandeglang itu punya potensi luar biasa, ada gunung, pantai, wisata buatan dan rata-rata wisata ini punya potensi yang sama. Harus ada inisiasi juga dari desa karena harus ada keberlanjutan dari program ini, itu yang kita harapkan, kita juga akan bantu dalam bidang promosi,” ujar Ramdani kepada awak media, Selasa (15/1).

Ramdani juga menjelaskan, pemerintah desa wisata bisa memanfaatkan sumber daya alam yang ada, misalnya konsumsi air bersih yang ada di desa tertentu bisa disalurkan kesetiap rumah warga untuk kebutuhan sehari-hari.

“Bukan hanya bisa jadi wiasata tapi bisa dimanfaatkan untuk menambah PAD. Nantinya kita juga akan berlakukan tingkatan terhadap desa wisata ini, ada desa wisata pratama, muda, madya, dan utama, yakni bukan hanya melihat dari segi kapasitas desa aja, tapi daya dukung masyarakat terhadap potensi desa dan punya spesifikasi khusus dibanding desa lain,” imbuhnya.

Beberapa desa yang diproyeksi akan menjadi desa wisata di Pandeglang diantaranya, Sukarame, Citereup, dan Banyuresmi. Terkait peraturan bupati, pihaknya akan mengukuhkan kembali 16 desa tersebut supaya bisa tertuang dalam surat keputusan (SK) pemerintah.

“Jadi yang kita bangun itu kelompok sadar wisata (Pokdarwis), terlebih dahulu baru kemudian terkait tata kelola manajemen wisatanya,” tutup Ramdani. **