Genjot Pertumbuhan Ekonomi, Irna-Tanto Pastikan Program Jakamantul Rampung Tahun 2024

55
(kiri-kanan) Bupati Pandeglang Irna Narulita bersama Wakil Bupati Pandeglang Tanto Warsono Arban. Dok/Istimewa

PANDEGLANG, EKBISBANTEN.COM – Demi mendukung aksesbilitas yang memadai di Kabupaten Pandeglang, Bupati Pandeglang Irna Narulita bersama Wakil Bupati Pandeglang Tanto Warsono Arban terus berupaya mendongkrak sektor perekonomian melalui program Jalan Raya Kabupaten Mantap Betul (Jaka Mantul).

“Kami terus berkomitmen untuk membangun infrastruktur secara masif dan berkelanjutan demi kelancaran aksesbilitas dan mobilitas masyarakat Pandeglang,” kata Irna, Rabu (30/3).

Menurut Irna, infrastruktur mutlak sangat diperlukan guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan daya saing masyarakat. Selain itu, infrastruktur juga akan memangkas waktu tempuh dan biaya operasional setiap sektor ekonomi, sehingga produk produk hasil masyarakat Pandeglang dapat bersaing secara kompetitif dengan produk lain dari luar wilayah Pandeglang.

“Dengan tersedianya akses infrastruktur maka akses pendidikan, kesehatan dan pusat pertumbuhan ekonomi akan semakin mudah dijangkau oleh masyarakat,” lanjut Irna.

pembangunan ruas jalan Jaka Mantul Kabupaten Pandeglang

Untuk itu, mulai tahun ini (2022) sampai tahun 2024, Pemerintah Kabupaten Pandeglang fokus untuk meningkatkan infrastrukur di Kabupaten Pandeglang dalam Program Jaka Mantul (Jalan Kabupaten Mantap Betul). Dan Sebagai bentuk komitmen akan program itu, mulai tahun 2022 dan sampai akhir masa periode kepemimpinan Irna-Tanto, pihaknya akan mengalokasikan sebagian besar APBD Kabupaten Pandeglang untuk pelaksanaan program tersebut.

Tahun 2022, Pemkab Pandeglang melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang telah mengalokasikan anggaran sebesar 121 Miliar Rupiah (Seratus Dua Puluh Satu Miliar) yang akan digunakan pembangunan jalan untuk 85 Ruas Jalan Kabupaten di hampir seluruh kecamatan.

Untuk mengejar target yang telah ditetapkan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang melakukan tender dini dalam upaya percepatan pelaksanaan pembangunan jalan kabupaten, Sampai Tirwulan I tahun 2022, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang telah berhasil melaksanakan kontrak untuk 66 Ruas jalan. Sehingga di akhir tahun, 85 ruas jalan yang ditargetkan akan tercapai.

Jika setiap tahun (2022-2024) seluruh target pembangunan jalan dapat terealisasi, harapannya, di Tahun 2024 nanti, Target Pembangunan Jalan Kabupaten Pandeglang seluruhnya sudah dalam keadaan Mantap Betul.

“Kami mohon doa dan dukungan kepada seluruh masyarakat Pandeglang, agar apa yang kita cita-citakan bersama, yaitu mewujudkan Pandeglang Berkah Berdaya Saing dan Sejahtera dapat terwujud,” tutup Irna. ***

Sebagai informasi, Kabupaten Pandeglang merupakan kabupaten yang memiliki luas wilayah terbesar kedua seprovinsi banten yaitu seluas 2.746,81 Km persegi yang terbagi dalam 35 kecamatan dan 339 desa/kelurahan.

Dengan wilayah yang sangat luas dan sebagian mata pencaharaian penduduk adalah pertanian, perkebunan maupun perikanan, dan tipikal topografi didominasi oleh dataran landai sebesar kurang lebih 85,07 persen dari luas total kabupaten yang berlokasi sekitar pesisir pantai dan bagian tengah kabupaten. Tentu saja hal itu diperlukan aksesbilitas yang memadai untuk mendukung kondisi tersebut.

Wilayah yang sangat luas, akan berbanding lurus dengan panjang jalan yang menjadi kewenangan Pemerintah Kabupaten Pandeglang. Panjang Jalan Kabupaten adalah sepanjang 723,030 km. Sampai akhir tahun 2021 dengan kondisi sepanjang 355,650 km dalam keadaan baik, sepanjang 93,380 km kondisi sedang, sepanjang 192,05 km kondisi rusak berat, dan sepanjang 81,95 km rusak ringan.

Dari data tersebut, tentunya masih menjadi Pekerjaan Rumah bagi Pemda Pandeglang untuk menyelesaikan masalah infrastruktur di wilayahnya. ***