Frely Rahmawati Angkat Petani Lokal Melalui Produksi Cemilan Masa Kini

13
Cemilan

SERANG, EKBISBANTEN.COM – Usaha sering kali menjadi kegiatan setiap perorangan atau kelompok yang memiliki tujuan untuk meningkatkan atau memenuhi kebutuhan ekonomi.

Cemilan The Kujang merupakan brand lokal daerah Banten, nama The Kujang diambil dari cerita rakyat yang berkembang di daerah Banten.

Founder produksi makanan The Kujang yaitu, Frely Rahmawati mengatakan, The Kujang merupakan brand makanan yang mengangkat potensi lokal yang berfokus pada melinjo dan singkong.

“Nama The Kujang merupakan brand makanan, di mana kami mengangkat potensi petani lokal melinjo dan singkong di wilayah Banten,” ungkap perempuan yang akrab disapa Frely.

Hasil sumber daya alam kerap kali menjadi manfaat sebagai usaha sampingan atau usaha sebagai pemenuhan kebutuhan ekonomi.

“Ke depan kita akan mencoba menggarap dan memanfaatkan kembali hasil potensi sumber daya alam, seperti tales, buah sukun dan lainnya sebagi upaya pengembangan usaha kami,” katanya saat dimintai keterangan via chat.

Tentu ada banyak cara dalam setiap pengemasan dan pemanfaatan sumber daya alam sebagai nilai ekonomis.

“Sistem yang kami gunakan adalah kami bermitra dengan petani melinjo dan singkong yang ada di daerah Banten wilayah Pandeglang, dalam penjualan kami via online seperti marketplace digital adapun offline kami gunakan persekawanan dan silaturahmi keberbagai coffe dan sebagainya” tambahnya.

Diketahui, untuk saat cemilan The Kujang yang terbuat dari melinjo dan singkong memliki dua varian rasa yaitu original dan balado.

“Untuk saat ini kami menyediakan dua varian rasa yaitu original dan balado, kedepan akan coba kita kembangkan varian rasa lainnya,” tuturnya.

Setiap usaha yang sudah diupayakan dan dilakukan tentu mempunyai harapan untuk masa yang akan datang.

“Yang kami harapkan, produk-produk lokal makanan serta para petani emping/melinjo dan juga singkong yang ada di daerah mampu terangkat, cemilan yang dihasilkan dari melinjo dan juga singkong dapat dinikmati oleh berbagai kalangan tidak hanya lokal Banten namun juga mampu menembus pasar nasional dan internasional” tutupnya.