Sabtu, 13 Juli 2024
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Forkopimda Banten Lakukan Touring Kendaraan Roda Dua untuk Cek Kesiapan Jalur yang Dilintasi Pemudik

and

| 13 April 2023

| 20:50 WIB

Forkopimda Banten bersama jajarannya saat akan melakukan pengecekan jalur mudik. (FOTO: ESIH/EKBISBANTEN.COM).

CILEGON, EKBISBANTEN.COM – Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Banten yakni Penjabat Gubernur Banten Al Muktabar, Kapolda Banten Irjen Pol Rudy Heriyanto Adi Nugroho dan Danrem 064/Maulana Yusuf Brigjen TNI Tatang Subarna melakukan touring kendaraan roda dua untuk mengecek kesiapan jalur yang dilintasi pemudik.

Kegiatan yang dilaksanakan Kamis (13/4/2023) itu dilakukan karena baru tahun ini kendaraan roda dua tidak dilayani di Pelabuhan Merak akan tetapi di Pelabuhan Ciwandan. Hal itu diungkapkan oleh Kapolda Banten Irjen Pol Rudy Heriyanto Adi Nugroho kepada awak media.

“Karena ini hal yang baru, maka kami berusaha memberikan pelayanan terbaik. Oleh karena itu, kami mencoba untuk menyusuri mulai dari Balaraja sampai Ciwandan. Karena kami ingin mengetahui kesiapan anggota terkait menyambut pemudik yang akan menyeberang khususnya pemudik dari Ciwandan ke Bakaheuni,” jelasnya.

Ia mengungkapkan, ada beberapa kendala yang ditemui saat melakukan pengecekan tersebut diantaranya yakni terkait perlintasan kereta api. Kendati demikian hal itu sudah diantisipasi dengan operasional kereta api yang tidak lagi sampai ke stasiun Merak, akan tetapi berhenti di stasiun Cilegon.

“Nantinya akan ada shuttle bus yang akan menjemput para pemudik yang akan menyeberang melalui Pelabuhan Merak khusus untuk penumpang yang tidak membawa kendaraan,” terangnya.

Selain itu, Irjen Pol Rudy menjelaskan dirinya bersama Forkopimda lainnya juga sudah melihat proses ticketing yang ada di Pelabuhan Ciwandan. Karenanya, Ia berharap agar para pemudik benar-benar menyiapkan tiket 1 hari sebelum keberangkatan. “Jangan go show, harus siapkan tiket. Saat sampai Ciwandan usahakan sudah memilikinya,” imbuhnya.

Lebih lanjut, dirinya mengingatkan para pemudik yang akan menyeberang ke Sumatera melalui Pelabuhan Ciwandan untuk berhati-hati. Karena pelabuhan tersebut dilewati bukan hanya kendaraan roda dua akan tetapi truk juga.

“Maka harus berhati-hati, perlu kewaspadaan yang lebih. Kami akan ada di lapangan, di setiap lintasan dan jalur. Polri, TNI dan Pemerintah Provinsi sudah siap sehingga untuk menjaga pemudik hingga masuk ke kapal Insya Allah kami sudah sangat siap,” tuturnya.

Sementara itu, Penjabat Gubernur Banten Al Muktabar pengecekan yang dilakukan adalah wujud nyata keseriusan Forkopimda untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

“Karena lintasan mudik melalui Pelabuhan Ciwandan ini hal yang baru, maka kami berusaha memberikan pelayanan terbaik. Oleh karena itu, kami mencoba untuk menyusuri mulai dari Balaraja sampai Ciwandan,” pungkasnya.***

Editor :Rizal Fauzi

Bagikan Artikel

Terpopuler_______

Scroll to Top