Fokus Pembangunan, Bupati Pandeglang Minta Penyusunan RKPD 2022 Harus Komperhensif

24
Foto: Pemkab Pandeglang

PANDEGLANG, EKBISBANTEN.COM – Dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Pandeglang, Pemkab Pandeglang melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) menyelenggarakan Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD tahun 2022.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Pandeglang Irna Narulita mengatakan penyusunan rancangan awal RKPD sangat penting dalam mewujudkan keberhasilan pembangunan yang berkelanjutan.

“Maka dari itu gagasan dan masukan dari masyarakat sangat dibutuhkan,“ kata Irna secara virtual di Command Center, Rabu (3/2).

Sebagai informasi, konsultasi Publik RKPD tahun 2022 diikuti seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pandeglang, tokoh masyarakat, tokoh pendidikan, pihak perbankan, pemangku kepentingan terkait dan dibuka langsung oleh Bupati.

Lebih lanjut Ia mengatakan tujuan dari rencana awal RKPD adalah agar Pemerintah daerah mendapatkan saran dan masukan, yaitu dengan cara menghimpun ide-de yang inovatif dari publik terhadap prioritas program dan kegiatan pembangunan yang telah disulkan dan disepakati sebelumnya oleh masyarakat,

“Supaya Pemerintah daerah bisa mensinergikan arah kebijakan dalam mewujudkan pembangunan,“ tutur Irna.

“Kabupaten Pandeglang kedepan akan menjadi daerah yang sangat strategis, rencana awal RKPD harus selaras dengan program pembangunan Pemerintah Pusat dan Provinsi Banten, “Oleh karena itu saya berharap semua stakeholder dan pemangku kepentingan harus betul-betul dilakukan penyusunan secara matang dan komprehensif untuk mewujudkan keberhasilan pembangunan yang berkelanjutan sesuai dengan pencapaian target kinerja yang telah ditetapkan,” terangnya.

Hal senada disampaikan Wakil Bupati Pandeglang Tanto Warsono Arban, Ia mengatakan untuk meningkatkan kualitas perencanaan yang baik, dalam menyusun RKPD ini tentu saja dibutuhkan masukan dari masyarakat.

“Program pembangunan yang diusulkan masyarakat harus menjadi prioritas utama,“ kata Tanto.

“Penyusunan rancangan awal RKPD yang baik akan menghasilkan perencanaan yang ideal, tentu saja hal tersebut mampu mewujudkan keberhasilan sektor pembangunan, peningkatan pelayanan, ekonomi dan kesajahteraan masyarakat Pandeglang,“ ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bappeda Kabupaten Pandeglang Utuy Setiadi mengatakan forum konsultasi publik rancangan awal RKPD merupakan rangkaian pentahapan dalam penyusunan RKPD.

“Kita berharap konsultasi publik ini mampu menghasilkan perencaan yang baik untuk mewujudkan program pembangunan dan pencapaian visi dan misi Kepala Daerah,“ kata Utuy. (*/Raden)