Fitur Pembayaran WhatsApp Hadir di Brasil

97

SERANG, EKBISBANTEN. COM – Fitur pembayaran melalui aplikasi Whatsapp sudah dapat digunakan di Brazil. Pengguna fitur baru Whatsapp dapat mengirim uang dengan aman atau melakukan pembelian dari bisnis lokal tanpa perlu keluar dari chat.

Pihak Whatsapp mengatakan banyaknya usaha kecil dan mikro di Brazil yang berjumlah lebih dari 10 juta adalah denyut nadi masyarakat Brasil. Sudah tentu menjadi hal biasa untuk mengirimkan pesan untuk mendapatkan jawaban atas pertanyaan.

Sekarang, selain dapat melihat katalog bisnis dan berkirim pesan pelanggan juga dapat mengirim pembayaran untuk produk yang mereka beli.

Dengan hadirnya fitur tersebut menjadikan proses pembayaran lebih sederhana dapat membantu mendorong lebih banyak bisnis memasuki ekonomi digital. Hal ini akan membuka banyak kesempatan baru bagi bisnis untuk berkembang.

“Selain itu, kami membuat proses pengiriman uang kepada orang-orang terdekat menjadi semudah mengirim pesan, ” Katanya dikutip dari website resmi Whatsapp, Jumat (19/6).

Hal ini menjadi semakin penting karena orang-orang secara fisik terpisahkan oleh jarak satu sama lain. Oleh karena pembayaran di WhatsApp diselenggarakan oleh Facebook Pay, di masa mendatang Whatsapp ingin agar pengguna dan bisnis dapat menggunakan informasi kartu pembayaran yang sama di semua aplikasi yang dimiliki oleh Facebook.

“Kami membangun fitur pembayaran dengan mempertimbangkan keamanan. Untuk mencegah transaksi yang tidak sah, 6 digit PIN khusus atau sidik jari akan diminta, ” Katanya.

Sebagai permulaan, Whatsapp akan mendukung kartu debit atau kredit dari Banco do Brasil, Nubank, dan Sicredi di jaringan Visa dan Mastercard. Selain itu, Whatsapp juga bekerja sama dengan Cielo yang merupakan pemroses pembayaran terkemuka di Brasil.

“Kami telah membangun sebuah model terbuka untuk mengundang lebih banyak mitra di masa mendatang, ” Katanya.

Pengguna tidak akan dikenakan biaya untuk mengirim uang atau melakukan pembelian di WhatsApp. Untuk menerima pembayaran dari pelanggan, bisnis akan membayar biaya pemrosesan sama seperti yang selama ini dibayarkan ketika bisnis menerima transaksi kartu kredit. Dengan hadirnya pembayaran melalui whatsapp di Brazil pihaknya berencana untuk meluncurkan fitur tersebut keseluruh dunia.

“Kami berharap akan menghadirkannya untuk semua orang seiring perkembangan, ” Katanya. (Red02)